Wujudkan Semua Mimpi

Biaya Kuliah Psikologi per Semester di 7 PTN Unggulan

Biaya Kuliah Psikologi

Biaya kuliah psikologi jadi topik hangat belakangan seiring meningkatnya minat terhadap jurusan ini dari tahun ke tahun.

Trennya dapat dilihat di berbagai universitas ternama Tanah Air seperti UI, Unair, UPI, UGM, Unpad, dll.

Dari tahun 2022 sampai 2023 saja, UPI mencatat penambahan peminat sebanyak 847 orang, salah satu yang tertinggi.[1]

Apakah Anda juga tertarik? Simak artikel ini untuk tahu informasi lengkapnya.

Apakah Biaya Kuliah Psikologi Mahal?

Jawabannya, relatif, tergantung pada jenis perguruan tinggi (PTN atau PTS), lokasi kampus, serta jalur masuk pilihan Anda.

Secara umum, biaya kuliah jurusan psikologi di PTN memang terjangkau. Rata-rata biaya per semesternya antara 8-10 jutaan rupiah.[2] 

Sementara itu, biaya kuliah psikologi swasta (PTS) cenderung lebih mahal. Per semesternya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.[3]

Ingin melanjutkan studi di luar negeri? Maka, siapkan dana yang lebih besar. Contohnya di Inggris, biayanya mencapai 300 sampai 500 jutaan per tahun.

Dari taksiran biaya di atas, intinya biaya kuliah jurusan psikologi tidak murah atau mahal secara mutlak karena banyak faktor penentunya.

Biaya Kuliah Psikologi per Semester di PTN Top

Bagi Anda berminat mendaftar di kampus negeri, berikut adalah Fakultas Psikologi terbaik menurut lembaga EduRank[4] yang patut dipertimbangkan:

1. UI

Sebagai pionir jurusan psikologi di Indonesia,[5] UI menawarkan prodi S1 Psikologi dengan biaya yang fleksibel. 

Besarnya biaya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing penanggung. Pada tahun 2022, rata-rata biaya kuliah psikologi UI per semester adalah Rp14.000.000 dengan uang pangkal sebesar Rp16.000.000.

Biaya Kuliah Psikologi UI

2. UGM

Rekomendasi selanjutnya yaitu Fakultas Psikologi di UGM. Prodinya terakreditasi A dan telah mendapat pengakuan internasional dari FIBAA.

Per tahun ajaran 2023/2024, biaya kuliah psikologi UGM yang termahal sebesar Rp11 juta.[6] Biaya tersebut belum termasuk SSPU bagi mahasiswa berkemampuan ekonomi baik.

Sementara itu, untuk kategori UKT bersubsidi, besarnya antara Rp2,7 juta hingga 8,7 jutaan. Ada pula UKT bersubsidi penuh alias gratis 100%. Syaratnya, si penanggung biaya harus berstatus tinggal dan kerja di Jogja dengan gaji UMR.[7]

Biaya Kuliah Psikologi UGM

3. UNAIR

UNAIR juga memiliki reputasi yang kuat di bidang psikologi. Selain menempati peringkat 131 di Asia,[8] jurusan ini juga terakreditasi unggul oleh BAN-PT. 

Keunikan lainnya yaitu UNAIR adalah pelopor pengembangan psikologi berbasis moral agama. Pendekatan unik ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa.

Biaya kuliah psikologi UNAIR cukup terjangkau. UKT berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp10 juta. Pembagian tergantung golongan I sampai VII.[9]

Biaya Kuliah Psikologi UNAIR

4. UPI

UPI mengusung visi yang luar biasa dalam bidang psikologi hingga tahun 2030.[10] Komitmen ini tercermin dalam kurikulum serta fasilitas yang terus dikembangkan.

Biaya kuliah di UPI terdiri dari dua komponen utama.[11] Pertama, IPI, yang dibayarkan saat awal masuk, besarnya antara Rp16,3 juta sampai Rp19 juta.

Kedua, UKT per semester, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5,7 juta.

Biaya Kuliah Psikologi UPI

5. UM

Di Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM) jadi salah satu tujuan favorit peminat jurusan psikologi. 

Alasannya, daya tampung mereka cukup besar, yaitu hingga 400 mahasiswa. Tidak heran, psikologi merupakan fakultas UM dengan peminat terbanyak.[12]

Kurikulum yang menarik serta biaya kuliah yang terjangkau membuat UM layak Anda pertimbangkabn. 

Seperti di UPI, biaya kuliah terbagi menjadi IPI dan UKT. Besar UKT berbeda-beda untuk setiap kelompok, yakni antara Rp500 ribu hingga Rp,65 juta. Sementara IPI wajib bagi peserta jalur mandiri adalah sebesar Rp25 juta.[13]

Biaya Kuliah Psikologi UM

6. UNPAD

UNPAD membuka Fakultas Psikologi mereka untuk pertama kalinya pada 1961.[14] Saat ini, jurusan psikologi UNPAD juga sudah terakreditasi A.[15]

Bagi peserta jalur mandiri, biaya kuliah psikologi UNPAD ditetapkan Rp10 juta untuk UKT dengan IPI hingga Rp85 juta.[16]

Di sisi lain, jika Anda masuk jalur prestasi dan tes, UKT-nya tergantung kelompok, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp12 juta.

Biaya Kuliah Psikologi UNPAD

7. UNS

Rekomendasi terakhir di daftar ini adalah UNS. Buat Anda yang belum tahu, sejak 2022 prodi psikologi UNS tidak lagi berada di bawah Fakultas Kedokteran.[17]

Sekarang UNS memisahkan Fakultas Psikologi dengan prodi S1 yang juga terakreditasi A. Maka dari itu Anda tidak perlu ragu lagi memilih UNS.

Dari segi biaya, jurusan psikologi UNS menawarkan UKT Rp475 ribu untuk kelompok I hingga 10 jutaan untuk kelompok VIII.[18]

Biaya IPI juga bervariasi, mulai dari 10 juta sampai di atas 30 juta, terbagi menjadi empat kelompok.

Biaya Kuliah Psikologi UNS

Alasan Kuliah Jurusan Psikologi Patut Dipertimbangkan

Kesimpulannya, biaya kuliah psikologi di Indonesia cukup beragam. Anda punya banyak opsi, mulai PTN hingga PTS dengan berbagai skema pembiayaan.

Meskipun tidak bisa dibilang murah, tetapi ini merupakan investasi berharga karena prospek karier setelah lulus sangat besar.

Peluang karier lulusan jurusan psikologi terus berkembang. Ke depan, Anda bisa berkarier sebagai psikolog klinis, konselor, atau bahkan peneliti. 

Namun, jika Anda masih ragu karena masalah biaya, MUFDana menawarkan solusi pinjaman multiguna untuk mewujudkan impian kuliah di kampus terbaik.

Proses pengajuannya hanya perlu menjaminkan BPKB kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa fokus mengejar impian tanpa khawatir soal biaya lagi.