Wujudkan Semua Mimpi

7 Tips Liburan Bersama Keluarga demi Momen Seru Tanpa Drama!

Tips Liburan Bersama Keluarga

Tips liburan bersama keluarga ini adalah pengingat bagi Anda agar menyiapkan semuanya dengan baik, sehingga rencana liburan berjalan lancar.

Ya, liburan bersama keluarga seharusnya memang jadi momen yang tak terlupakan. Namun, tantangan yang dihadapi tidaklah sedikit,[1] di antaranya:

  • Sulit memenuhi ekspektasi setiap anggota keluarga
  • Repot mengurus barang bawaan.
  • Menghadapi anak yang rewel. 
  • Dana yang disiapkan ternyata kurang.

Masalah-masalah ini bisa muncul karena kurangnya persiapan. 

Jadi, sebagai pengingat, silahkan simak beberapa tips untuk mewujudkan liburan yang ideal.

Tips Liburan Bersama Keluarga yang Menyenangkan

Jika Anda berniat mengurus semua rencana liburan sendiri tanpa bantuan agen perjalanan, tips-tips berikut ini akan sangat bermanfaat:

1. Pilih Tujuan Liburan yang Family-friendly

Tips yang pertama, pikirkan baik-baik destinasi liburan Anda. Dalam hal ini, sebaiknya diskusikan bersama seluruh anggota keluarga. 

Setelah mengantongi nama-nama tempatnya, lakukan riset mendalam. 

Caranya? Buka media sosial, tonton video di YouTube, atau cek review pengguna di Google.

Ingat! Keamanan harus diutamakan, terutama jika Anda membawa anak-anak. Pastikan lokasinya benar-benar aman dan family-friendly.

2. Atur Jadwal Keberangkatan dengan Tepat

Banyak orang menyarankan liburan keluarga saat low season karena tempat wisata cenderung tidak terlalu ramai. 

Betul, tetapi bagaimana jika anak-anak sekolah dan Anda juga bekerja? Artinya, perlu mencari jadwal yang cocok untuk semua.

Katakanlah Anda terpaksa harus berangkat saat high season. Yang terpenting adalah merencanakan semuanya dengan matang.[2]

Misalnya, Anda berencana liburan ke Bali pada akhir tahun ini.

Tips liburan bersama keluarga ke Bali, atur jadwal keberangkatan dengan cermat agar waktu Anda tidak habis di jalan akibat macet.

Pertimbangkan berangkat lebih pagi, menginap dekat dengan tempat wisata, atau cari alternatif destinasi wisata yang relatif sepi.

Dengan tips barusan, Anda tetap bisa menikmati suasana liburan bersama keluarga meskipun sedang high season.

3. Pilih Transportasi dan Penginapan yang Nyaman

Selanjutnya soal pemilihan transportasi. Apabila tujuan wisatanya tidak terlalu jauh, travel carter door to door sepertinya lebih cocok karena praktis. 

Pilih jenis mobil yang lega agar tidak berdesakan. Apalagi, Anda harus membawa banyak barang, bukan? Contoh mobilnya, Alphard, APV, Luxio, dan Gran Max.[3]

Jika harus naik transportasi umum dulu seperti pesawat atau kereta, pesan travel sebelumnya untuk menjemput Anda di terminal kedatangan.

Kemudian untuk penginapan, opsinya antara hotel, villa atau melakukan perjalanan pulang-pergi tanpa menginap. 

Pertimbangkan faktor seperti privasi, fasilitas, dan tentunya anggaran Anda.

Tips liburan hemat bersama keluarga manfaatkan promo tiket dan penginapan supaya lebih murah.

4. Buat Itinerary Selama Liburan

Setelah menentukan tujuan, waktu, dan akomodasi, mulailah buat itinerary.

Rencanakan berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama keluarga. Temukan juga tempat-tempat family-friendly di setiap lokasi tujuan Anda.

Itinerary itu seperti apa?

Sebagai contoh, berikut adalah tips liburan bersama keluarga ke Jogja dengan itinerary sederhana:[4]

Tips Liburan di Yogyakarta

5. Persiapkan Segalanya, Buat List Supaya Tidak Lupa

Packing adalah hal paling merepotkan saat akan berlibur. Untuk menghindari kelupaan, buatlah daftar barang yang perlu dibawa. Prioritaskan barang-barang penting seperti pakaian, obat-obatan, charger, dan dokumen perjalanan.

Ide bagus lainnya adalah membawa tripod. Buat apa?

Sering kali saat liburan keluarga ada satu orang yang tidak ikut berfoto karena jadi kameramen. Dengan tripod, Anda lebih leluasa mengabadikan momen bersama selama liburan.[5]

6. Hindari Kesalahan Sepele yang Mengacaukan Liburan

Banyak contoh hal sepele yang bisa mengacaukan liburan keluarga.[6]

Pertama, Anda tetap sibuk mengurus pekerjaan. Cobalah untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas kerja selama berlibur.

Kesalahan lainnya yaitu kurang riset tentang tempat tujuan. Akibatnya, Anda mungkin melewatkan sesuatu atau menghadapi situasi yang tidak terduga.

Membawa terlalu banyak barang juga bisa merepotkan. Oleh karenanya, pilih dengan bijak apa yang memang Anda butuhkan. Ingatlah bahwa Anda mungkin akan membawa banyak oleh-oleh ketika pulang.

7. Prioritaskan Keamanan dan Kenyamanan Anak

Terakhir, ini adalah tips liburan bersama keluarga dengan anak. Wajib Anda simak baik-baik demi kebaikan bersama.

Salah satu skenario yang perlu Anda antisipasi adalah anak sakit di tengah-tengah liburan. Inilah pentingnya menyiapkan semua kebutuhan sejak awal.

Membeli asuransi perjalanan mungkin akan berguna ketika Anda mengalami situasi mendesak seperti ini.[7]

Selain memberikan perlindungan kesehatan, cari polis yang juga mencakup pembatalan tiket, penundaan perjalanan, dan kehilangan bagasi. 

Siapkan Kelonggaran Budget untuk Kebutuhan Tak Terduga

Di samping semua tips liburan bersama keluarga di atas, satu hal penting lagi yang perlu Anda ingat: siapkan dana lebih.[8]

Meski Anda sudah merencanakan liburan dengan matang, realitanya Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi selama perjalanan.

Bahkan ketika merasa sudah menyiapkan dana yang cukup, kadang-kadang masih ada pengeluaran lain yang muncul. 

Untuk menghindari stres keuangan saat liburan, siapkanlah kelonggaran budget. Besarnya minimal 10% dari total anggaran liburan Anda sebagai dana darurat.[9]

Jika kesulitan menyiapkan dana tambahan ini, pinjaman jaminan BPKB mobil dari MUFDana bisa jadi solusi cepat untuk mendapatkan dananya sebelum hari H. 

MUFDana menawarkan pinjaman dengan proses yang cepat dan mudah. Dengan adanya dana cadangan, Anda pun bisa lebih tenang menikmati liburan.