Wujudkan Semua Mimpi

Ulasan Lengkap Kredit Multiguna Jaminan BPKB Motor

Kredit Multiguna Jaminan BPKB Motor

Apakah Anda sedang membutuhkan dana dalam jumlah besar dalam waktu singkat? Jika iya, kredit multiguna atau kredit dengan agunan bisa menjadi solusi terbaik. Pengajuan kredit jenis ini tentunya membutuhkan jaminan berupa barang berharga, di mana Kebanyakan peminjam memilih kredit multiguna jaminan bpkb motor.

Jumlah pinjaman pastinya akan disesuaikan dengan nilai dari aset yang dijaminkan. Kredit multiguna (KMG) jika dibandingkan dengan kredit tanpa agunan (KTA) memiliki beberapa kelebihan. 

Jika Anda melakukan pengajuan kredit multiguna, limit pinjaman lebih besar dibanding KTA. Bagusnya lagi, masa tenor atau masa waktu pelunasan lebih panjang. Dana yang dipinjamkan dari kredit multiguna pemakaiannya bisa untuk keperluan apa saja dengan kata lain lebih fleksibel. 

Aset yang bisa dijadikan jaminan untuk pengajuan kredit multiguna diantaranya motor, mobil, rumah, SK kerja dan deposito. Jika Anda berminat, berikut persyaratan dan cara pengajuan pinjamannya.

Persyaratan Umum Pengajuan Kredit Multiguna Jaminan BPKB Motor

Tidak jauh berbeda dengan jenis pinjaman yang lain, persyaratan umum pengajuan kredit multiguna motor sebagai berikut:

  1. Anda adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  2. Pihak peminjam minimal berusia 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan.
  3. Memiliki aset yang dalam hal ini motor yang lengkap dengan dokumen kepemilikan aset.
  4. Usia motor yang dijaminkan maksimal 9 tahun terhitung dari tahun produksi sampai akhir tenor. Hal ini dibuktikan dari STNK/BPKB/Faktur asli.
  5. Memiliki minimal pendapatan yang sesuai dengan aset jaminan, yaitu motor.
  6. Melengkapi dokumen administrasi terkait kredit multiguna jaminan bpkb motor yang diantaranya :
  • Formulir pengajuan kredit KMG yang telah terisi lengkap.
  • Identitas diri seperti KTP dan KK.
  • NPWP.
  • Slip gaji 3 bulan terakhir. 
  • Bagi Anda yang berprofesi sebagai wirausahawan dapat menyertakan fotocopy rekap penghasilan/catatan penjualan 3 bulan terakhir. Berikut akta pendirian usaha dan foto usaha. 
  • BPKB, SIM dan STNK motor Anda.

Hal Penting Terkait Pengajuan KMG Motor

Sebelum mencairkan dana, pihak pemberi pinjaman biasanya akan melakukan penaksiran pada aset yang dijadikan jaminan. Biasanya pihak pemberi pinjaman tidak akan memberi pinjaman di atas 70 – 80% dari nilai aset jaminan. 

Jadi jika Anda menjadikan motor sebagai aset jaminan, dana yang bisa dipinjamkan umumnya maksimal Rp. 50 juta. Cicilan per bulannya akan disesuaikan dengan jangka waktu pinjaman dan jumlah dana yang dipinjam.

Saat Anda mengajukan KMG dengan jaminan BPKB motor, selama proses tersebut terdapat beberapa biaya tambahan yang harus Anda ketahui.

  1. Administrasi.
  2. Provisi merupakan biaya yang harus dibayarkan saat pengajuan disetujui dan langsung dipotong dari jumlah pinjaman yang disetujui. Besarnya sekitar 1% dari total nominal pinjaman yang disetujui.
  3. Bunga dengan nilai yang yang disesuaikan kebijakan tempat Anda mengambil pinjaman.
  4. Penalti atau biaya yang dikenakan jika membayar angsuran lebih cepat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.
  5. Materai yang dikenakan pada peminjam untuk keabsahan seluruh dokumen perjanjian peminjaman.
  6. Asuransi yang umumnya ditawarkan adalah asuransi jiwa untuk melindungi pihak penerima pinjaman.

Setelah Anda mengetahui persyaratan dan beberapa hal penting terkait kredit multiguna jaminan BPKB motor Anda tidak perlu ragu lagi. Masalah finansial bisa dengan mudah diatasi dengan kredit multiguna.

Sebagai salah satu solusi, Anda menggunakan produk pinjaman mufdana yang andal dan terpercaya. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan mufdana, masalah finansial Anda bisa diatasi dengan cepat dan aman.