Wujudkan Semua Mimpi

7 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dicoba

bisnis modal kecil

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini memulai usaha tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Banyak ide bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Yang terpenting saat ini adalah seberapa besar niat Anda untuk memulai bisnis.

Untuk Anda yang ingin memiliki usaha sendiri, Anda bisa memulai bisnis modal kecil online sebagai bisnis sampingan. Setelah besar nanti, Anda bisa mempertimbangkan apakah ingin melanjutkan bisnis tersebut sebagai sumber penghasilan utama atau tetap menjadikannya bisnis sampingan.

Beberapa ide bisnis yang akan disebutkan berikut juga cocok sebagai bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar. Apa saja ide bisnis yang dimaksud?

Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Jika Anda jeli melihat peluang, sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis dengan modal kecil. Dari sekian banyak ide bisnis yang ada, Anda mungkin bisa mempertimbangkan salah satu dari 7 ide berikut.

1. Bisnis Dropshipper

Untuk Anda yang sehari-hari lebih banyak di rumah dan menginginkan bisnis dengan modal kecil, dropshipper bisa jadi pilihannya. Bisnis yang satu ini hanya memanfaatkan teknologi, yakni ponsel atau komputer dan jaringan internet.

Sistem dropship berbeda dengan reseller. Anda tidak perlu membeli barang dagangan terlebih dahulu untuk stok. Anda hanya perlu bekerja sama dengan marketplace atau toko online yang menawarkan sistem dropship.

Kemudian, Anda hanya perlu ikut mempromosikan dan menjual barang tersebut. Jika ada yang membeli, toko online akan mengirimkannya kepada Anda.

2. Tutor Online

Punya keahlian untuk mengajar? Anda bisa memilih bisnis tutor online. Sekarang ini, tutor juga sangat dibutuhkan, lho, terutama saat-saat menjelang ujian.

Setelah pandemi, tutor online pun bukan hal yang baru lagi. Anda bisa terjun ke bisnis modal kecil ini dengan cara mengikuti lembaga tutor privat atau membuka sendiri lembaga tutor privat.

3. Jasa Fotografi

Ide bisnis selanjutnya adalah yang berkaitan dengan fotografi. Jika Anda memang punya keahlian di bidang ini, Anda bisa memanfaatkannya. Anda bisa menjadi fotografer. Modal yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis ini adalah kamera yang mumpuni.

Jasa ini semakin dibutuhkan saat ini. Tak hanya saat acara-acara besar, fotografer juga banyak dicari untuk kebutuhan foto produk, foto katalog dan lain sebagainya.

4. Desain Grafis

Ide bisnis dengan modal kecil selanjutnya juga masih berkaitan dengan fotografi, tetapi bukan sebagai fotografer, melainkan desain grafis. Profesi ini umumnya mengerjakan konten grafis, seperti poster, undangan, atau infografis.

Desain grafis juga bisa mengerjakan konten yang berkaitan dengan editing video. Intinya, bisnis ini membutuhkan keahlian di bidang editing foto atau video sebagai modal utamanya.

5 Penulis Artikel

Selanjutnya, untuk Anda yang memiliki kemampuan menulis, Anda bisa membuka bisnis konten artikel. Di era ini, kebutuhan konten tidak hanya foto atau video, tetapi juga tulisan. Oleh karena itu, akan tetap ada orang-orang yang membutuhkan jasa penulis artikel.

Anda bisa membuka bisnis dengan modal kecil ini sebagai usaha sampingan. Jangan lupa untuk terus memasarkan bisnis Anda supaya klien meningkat.

6. Bisnis Parsel

Bisnis parsel atau bingkisan juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis dengan modal kecil yang menguntungkan, lho. Anda bisa membuat bingkisan dari makanan, bunga, atau barang pecah belah lainnya.

Menawarkan jasa parsel juga bisa membuat usaha makanan modal kecil untung besar. Nilai jual makanan menjadi lebih tinggi karena Anda mengemasnya dalam sebuah bingkisan yang indah.

Kemudian, yang perlu Anda tahu adalah parsel tidak hanya laris ketika hari-hari besar. Sekarang ini semakin banyak orang membutuhkan parsel untuk hadiah pada hari-hari spesial. Jadi, pasar Anda akan selalu ada.

7. Bisnis Franchise Makanan

Terakhir, untuk Anda yang tidak ingin susah-susah melakukan promosi, bisnis franchise makanan adalah pilihan paling tepat. Anda tinggal menggunakan merek dan produk yang sudah terstandardisasi oleh franchise tersebut dan ikut memasarkannya.

Ada banyak bisnis franchise dengan modal kecil, di antaranya franchise minuman atau makanan ringan. Selanjutnya, Anda tinggal membuka kedai di tempat-tempat di mana banyak orang berlalu-lalang.

Penutup

Bisnis modal kecil bisa Anda mulai dengan memanfaatkan keahlian Anda. Dari tujuh ide bisnis yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa memilih yang paling cocok dengan kemampuan atau minat Anda.

Bisnis yang laku setiap hari adalah bisnis yang dikelola dengan baik. Meskipun hanya dengan modal kecil, jika Anda mengelolanya dengan baik, bisnis Anda pun bisa berkembang. Jadi, jangan berkecil hati meskipun memulai dengan modal yang kecil, ya.

Jika ternyata bisnis modal kecil Anda ternyata lancar, jangan ragu untuk membesarkan bisnis Anda, ya. Anda mungkin membutuhkan dana tambahan. Namun, saat ini tidak susah untuk mengambil pinjaman modal usaha selama Anda memiliki bisnis yang jelas dan berpeluang. Semoga info ini bermanfaat!