Wujudkan Semua Mimpi

7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Berprospek Cerah

Ide Bisnis Rumahan

Setelah sekian lama menjadi pegawai, Anda mungkin mulai mempertimbangkan untuk membuka bisnis sendiri. Sebenarnya, tidak mustahil bagi Anda untuk membuka bisnis baru. Ada banyak sekali ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda eksekusi sebagai bisnis Anda.

Apa yang paling penting dalam membuka bisnis modal kecil? Jawabannya adalah niat dan keseriusan. Selama Anda memiliki niat dan motivasi untuk berbisnis, dengan modal kecil sekalipun, bisnis Anda akan tetap berjalan dan berkembang.

Ditambah lagi, di era yang semakin maju ini, ada banyak ide bisnis rumahan online yang lebih mudah untuk Anda kembangkan. Keinginan Anda untuk memiliki bisnis sendiri pun bukan sekadar mimpi semata. Anda bisa mewujudkannya dengan mengeksekusi salah satu ide bisnis berikut.

7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Agar bisnis Anda mendapatkan tempat di hati target pasar, Anda harus memikirkan ide bisnis kreatif. Anda tidak boleh sekadar mengeksekusi ide bisnis makanan yang biasa. Anda harus mengkreasikannya dengan hal lain agar unik dan menarik.

Berikut adalah beberapa ide usaha yang cocok untuk pemula.

1. Bisnis Thrift

Salah satu ide bisnis rumahan anak muda yang recommended adalah bisnis barang-barang bekas. Saat ini, barang bekas cukup banyak diminati oleh masyarakat. 

Mereka yang ingin menggunakan baju, tas, atau aksesoris branded tak perlu membeli dengan harga mahal. Dengan membeli barang-barang thrift, harga bisa jauh lebih murah.

Selain harga, alasan mengapa barang bekas laris manis adalah kampanye ramah lingkungannya. Dengan membeli baju bekas, setidaknya seseorang ikut mengurangi limbah pakaian. Baju layak pakai tetap bisa digunakan kembali.

Sebagai pebisnis, Anda pun bisa memanfaatkan peluang tersebut. Peminat baju bekas yang tinggi menjadi alasan bagi Anda untuk membuka bisnis thrift. Bisnis ini pun punya prospek yang bagus.

2. Bisnis Kue dan Katering

Jika mendiskusikan terkait bisnis rumahan, ide bisnis rumahan makanan pasti selalu menjadi yang recommended untuk Anda. Bisnis ini sangat bergantung pada kemampuan Anda dalam mengolah makanan.

Anda bisa membuka bisnis kue yang akan selalu diminati. Bisnis kue kering bisa Anda padukan dengan parsel sehingga tetap bisa dibutuhkan oleh target pasar Anda. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha catering. Keduanya sama-sama memiliki pasar yang luas.

3. Bisnis Minuman Kekinian

Untuk Anda yang tidak punya keahlian memasak, tetapi ingin membuka bisnis di bidang kuliner, ide bisnis rumahan seperti minuman bisa menjadi solusinya. Anda bisa membuka bisnis minuman kekinian, seperti boba, kopi atau yang lainnya.

Anda bisa merintis bisnis minuman dari 0 atau bisa juga mengambil franchise. Masing-masing mempunyai plus dan minusnya sendiri.

Jika ingin membuka usaha dari 0, modal Anda mungkin tidak sebesar mengambil franchise. Namun, Anda harus berjuang keras untuk mempromosikannya.

Jika mengambil franchise, modal awal Anda mungkin lebih besar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir terkait pemasarannya karena umumnya merk yang membuka franchise adalah yang sudah terkenal di kalangan masyarakat.

4. Bisnis Event Organizer

Punya keahlian dalam mengatur sebuah acara? Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis Event Organizer (EO). 

Selain mengandalkan kemampuan dalam mengatur sebuah acara, kemampuan public speaking Anda pun tak kalah penting. Karena, Anda akan lebih sering bertemu dengan klien dan mendiskusikan acara dengan mereka.

Ide bisnis rumahan yang satu ini juga cukup menjanjikan. Meskipun selama pandemi tidak banyak orang yang menggelar acara secara offline, acara tetap digelar secara online. Baik menggelar acara secara online atau offline, EO tetap dibutuhkan demi kelancaran acara.

5. Bisnis Air Isi Ulang

Anda berada di pemukiman padat penduduk?

Salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis air isi ulang. Air minum selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat. Jadi, usaha ini pasti akan tetap laku.

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Kemudian, bagi Anda yang terampil membuat kerajinan tangan tertentu, bisnis kerajinan tangan juga memiliki prospek yang bagus.

Saat ini, banyak orang yang mencari aksesoris atau pernak-pernik yang lucu. Selain itu, aksesoris buatan tangan juga selalu berkesan untuk dijadikan hadiah. Pasar Anda pun akan selalu ada.

7. Bisnis Laundry

Terakhir, bisnis laundry juga bisa Anda coba sebagai bisnis rumahan. Jasa ini juga selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi, Anda pun layak untuk mempertimbangkannya sebagai ide bisnis rumahan.

Penutup

Bisnis yang menjanjikan adalah bisnis yang dikelola dengan sungguh-sungguh. Cara Anda mengelola bisnis akan menentukan keberlanjutan bisnis Anda. Oleh karena itu, setelah memutuskan ingin membuka bisnis apa, berusahalah untuk mengelola bisnis Anda dengan baik.

Jika Anda berhasil menjalankan salah satu dari 7 ide bisnis rumahan modal kecil, jangan ragu untuk mengembangkan bisnis Anda, ya. Anda mungkin membutuhkan modal besar, tetapi saat ini ada banyak sekali program pinjaman modal usaha. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis. Semoga bermanfaat!