Wujudkan Semua Mimpi

7 Ide Bisnis untuk Pemula yang Populer dan Menjanjikan

Bisnis untuk Pemula

Adakah bisnis untuk pemula yang menjanjikan? Sebagai orang yang baru saja ingin terjun ke dunia bisnis, Anda mungkin merasa ragu atau takut. Pasalnya, pendapatan dari bisnis tidak pasti, terkadang untung terkadang juga tidak. Anda pun harus sadar sebagai pemula untuk terus belajar.

Mengembangkan bisnis membutuhkan strategi yang cerdas. Pebisnis sangat berbeda dengan karyawan yang memiliki tugas kerja yang jelas dan konsisten. Anda tidak hanya membutuhkan skill di bidang tertentu, kemampuan marketing dengan ide-ide kreatif juga sangat penting untuk Anda miliki.

Agar proses pengembangan bisnis tidak terlalu memberatkan Anda, pilih saja ide bisnis online untuk pemula. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa segera Anda eksekusi menjadi bisnis Anda.

Ide Bisnis untuk Pemula yang Layak Anda Coba

Untuk mengawali perjalanan karir Anda sebagai pebisnis, pertimbangkanlah ide usaha untuk pemula modal kecil. Setelah bisnis berkembang, Anda bisa mempertimbangkan diri untuk melakukan suntikan modal pada bisnis. Tujuan kita adalah membangun bisnis kecil untuk besar.

Usaha apa yang bagus untuk jangka panjang? Berikut adalah beberapa bidang yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Makanan atau Minuman Ringan

Bisnis makanan memang menjadi bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Anda selalu bisa memanfaatkan peluang di bidang ini.

Untuk pemula, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuat kue, kue kering, atau makanan dan minuman ringan sebagai bisnis rintisan. Selanjutnya, Anda bisa mengembangkannya dengan memperbanyak produk atau memperluas pasar. Contoh bisnis ini cocok jadi pilihan bisnis untuk mahasiswa.

Kemudian, jika cukup paham dengan dunia bisnis makanan dan ingin membuat bisnis yang lebih profesional, Anda bisa membuka bisnis catering. Bisnis ini juga cukup potensial untuk Anda jadikan sebagai bisnis jangka panjang.

2. Food Truck

Bisnis kedua ini sebenarnya memang berhubungan dengan bidang makanan, tetapi lebih kreatif lagi. Orang-orang pada umumnya membuka bisnis makanan sebagai rumah makan atau gerobak kaki lima. 

Di tangan anak muda, bisnis makanan pinggir jalan dijajakan menggunakan truk atau disebut juga truk makanan. Inovasi seperti ini menjadi peluang bisnis baik untuk pemula atau profesional yang layak Anda tiru.

3. Warung Kelontong

Poin ketiga ini sepertinya memang berbanding terbalik dengan poin kedua. Namun, jika Anda bertanya bisnis yang cocok untuk pemula di pedesaan? Jenis usaha ini adalah jawabannya.

Di pedesaan, ketersediaan minimarket tidak sebanyak di perkotaan. Oleh karena itu, untuk kebutuhan sehari-hari, mereka mengandalkan warung kelontong. Anda bisa mencoba untuk membuka warung kelontong yang lengkap jika ingin berbisnis di desa.

4. Pakaian

Selain makanan, bisnis pakaian juga akan selalu menguntungkan juga untuk pemula. Anda bisa memilih apakah ingin berperan sebagai orang yang memproduksi atau orang yang berjualan.

Jika ingin memproduksi produk pakaian sendiri, tak perlu berpikir untuk membuka pabrik pakaian. Anda bisa mulai dengan menjadi penjahit. Anda bisa memasarkan pakaian yang Anda desain sendiri kepada masyarakat di sekeliling atau melalui online.

Jika ingin berjualan pakaian, Anda tinggal mencari produsen yang tepat. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual pakaian bekas yang sekarang ini sedang tren.

5. Jasa Titip

Seperti namanya, usaha jasa titip adalah jasa yang bertujuan untuk membantu orang-orang agar bisa mendapatkan barang di luar jangkauannya. Misalnya, Anda pergi ke Yogyakarta. Anda bisa membuka jasa titip (jastip) oleh-oleh khas Jogja dan menawarkannya kepada rekan-rekan Anda.

Jastip ini tidak hanya bisa Anda lakukan ketika bepergian, ya. Anda bisa memenuhi titipan orang-orang dengan mencarikan produk di toko online. Bisnis ini yang juga direkomendasikan juga untuk pemula ini mengandalkan keahlian Anda dalam mencari barang-barang titipan pelanggan Anda.

6. Produk Kesehatan

Anda yang punya ketertarikan di dunia kesehatan juga punya peluang yang sama untuk membuka bisnis di bidang ini. Semenjak pandemi corona menyerang, orang-orang semakin peduli dengan kesehatan. Bisnis produk kesehatan pun cukup potensial.

7. Pangkas Rambut

Terakhir, untuk Anda yang punya keahlian memangkas rambut, cobalah untuk membuka bisnis ini. Karena setiap orang pasti akan melakukan potong rambut, bisnis ini akan selalu potensial termasuk untuk pemula. Anda bisa membukanya di desa maupun di kota.

Sebenarnya, untuk membuka bisnis pangkas rambut, Anda tidak perlu ahli. Anda bisa memulainya dengan tertarik dulu untuk terjun di bidang ini. Selanjutnya, dengan ketertarikan tersebut, Anda bisa mendorong diri Anda untuk belajar dan mengasah skill memangkas rambut.

Penutup

Untuk anak muda yang ingin terjun ke dunia bisnis, beberapa ide bisnis di atas masih bisa diolah lagi dengan kreativitas Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui, selalu ada bisnis yang sama dengan yang Anda tekuni. Agar suatu bisnis tetap bisa bertahan, Anda harus menambahkan ide-ide kreatif.

Langkah Anda membaca referensi tentang ide bisnis untuk pemula sudah sangat tepat. Selanjutnya, lanjutkan niat Anda untuk membangun usaha sendiri. Simak juga artikel tips berbisnis lainnya.