Wujudkan Semua Mimpi

10 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Bisnis Sampingan

Ingin memiliki penghasilan tambahan? Anda bisa membuka bisnis sendiri, lho. Sekarang ini wajar sekali bagi seseorang untuk memiliki pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama mereka. Kebutuhan hidup yang semakin banyak mendorong seseorang untuk membuka bisnis sampingan.

Apakah Anda ingin melakukan hal yang sama?

Untuk membuka usaha sampingan, Anda tidak selalu harus mengeluarkan modal yang mahal. Ada beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal, bahkan tanpa modal sama sekali. Penasaran bisnis apa yang mungkin bisa Anda coba? Artikel berikut ini bisa jadi referensi untuk Anda.

Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Mahasiswa atau Karyawan

Di era digital, mendapatkan pekerjaan sampingan ternyata tidak begitu susah. Ada banyak sekali bisnis sampingan online yang bisa Anda coba. Beberapa bisnis online bahkan tidak membutuhkan modal, lho. Berikut 10 ide bisnis sampingan yang bisa Anda coba.

1. Penulis Artikel Freelance

Punya bakat di bidang penulisan? Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan cuan. Anda bisa menggeluti pekerjaan sampingan sebagai penulis artikel online.

Seperti yang kita ketahui sekarang, ada banyak sekali jenis konten di internet. Namun, konten berbentuk tulisan tidak akan pernah hilang. Oleh karena itu, bisnis penulisan artikel akan terus menjanjikan.

Anda bisa membuka sendiri jasa penulisan artikel online. Jika tidak memungkinkan, Anda pun bisa bergabung dengan situs Freelancer untuk mengambil job penulisan.

2. Content Creator

Menjamurnya pengguna media sosial menjadi peluang sendiri bagi Anda. Untuk Anda yang kaya dengan ide-ide kreatif, menjadi content creator adalah ide bisnis yang paling menjanjikan.

Anda bisa membuat konten untuk berbagai media sosial, seperti TikTok, Instagram, atau YouTube. Jika konten Anda sukses dan disukai oleh banyak orang, Anda pun akan mendapatkan banyak keuntungan materi yang melimpah.

Namun, sama seperti bisnis lainnya, bisnis ini pun memiliki banyak saingan. Perlu usaha yang lebih keras agar konten Anda bisa viral. Itulah mengapa kreativitas Anda sangat penting untuk bisa sukses di bidang ini.

3. Dropship

Untuk Anda yang lebih suka berjualan online, membuka bisnis dropship pun bisa menjadi pilihan. Dropship umum sebagai bisnis sampingan PNS, karyawan, atau pelajar.

Bisnis ini tidak memerlukan modal apa pun. Anda hanya perlu ikut memasarkan produk secara online.

4. Desain Grafis

Pilihan usaha sampingan di rumah yang lainnya adalah desain grafis. Bisnis yang satu ini juga termasuk usaha sampingan tanpa modal. Satu-satunya modal yang dibutuhkan adalah skill dalam membuat desain grafis tertentu.

Jika Anda memang memiliki keahlian dalam mengedit foto atau video, tidak ada salahnya membuka usaha desain grafis. Jasa ini juga penting dan banyak dibutuhkan, lho. Anda bisa mengambil peluang tersebut dengan membuka jasa desain grafis sendiri.

5. Tutor Paruh Waktu

Kemudian, bisnis yang satu ini sering sekali menjadi usaha sampingan mahasiswa. Ya, menjadi tutor paruh waktu bisa memberikan penghasilan tambahan yang cukup untuk menambah uang jajan. 

Tutor juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak sekolah masa kini. Mengingat sebagian besar sekolah masih belum menerapkan jam belajar full time sebagaimana biasanya karena pandemi.

6. Editor/Proofreading

Menguasai sebuah bahasa dengan baik dan benar? Anda bisa mempertimbangkan profesi editor. Profesi ini mengandalkan skill bahasa yang baik dan ketelitian. Jasa yang satu ini memang tidak umum dijadikan sebagai bisnis sampingan karena umumnya perusahaan selalu memiliki editor sendiri.

Namun, jasa ini sangat dibutuhkan oleh perorangan, lho. Untuk memeriksa tugas, skripsi, atau bahkan esai, mereka membutuhkan editor lepas. Jadi, peluang bisnis ini pun tetap menjanjikan.  

7. Penerjemah

Selanjutnya, profesi lain yang bisa Anda geluti sebagai ahli bahasa adalah menjadi penerjemah. Profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

8. Fotografer

Kemudian, pekerjaan sampingan untuk pelajar yang cukup mudah adalah menjadi fotografer. Pekerjaan ini membutuhkan skill di bidang fotografi.

Selain menjadi fotografer acara, foto-foto Anda juga bisa dijual di situs fotografi, lho.

9. MC Acara

Punya keahlian public speaking yang bagus? Anda bisa mencoba bisnis sampingan sebagai MC acara. Upah menjadi MC juga lumayan banyak, lho.

10. Parsel atau Buket Bunga

Terakhir, untuk Anda yang memiliki tangan-tangan yang kreatif, Anda bisa juga membuka bisnis parsel atau buket bunga. Bisnis ini cukup menjanjikan karena ada banyak sekali orang yang ingin memberikan hadiah spesial kepada orang terkasih.

Penutup

Ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Sebagian besar pilihan pekerjaan sampingan tersebut mengandalkan keahlian. Jadi, jika memang Anda memiliki bakat tertentu yang bisa memberikan keuntungan, jangan ragu untuk memanfaatkannya ya.

Dari sekian banyak ide bisnis sampingan yang sudah disebutkan di sini, manakah yang paling cocok untuk Anda? Ketika sudah memilih jenis pekerjaan yang sesuai, jangan lupa untuk meningkatkan time management Anda. Dengan Demikian semua pekerjaan bisa berjalan beriringan.

Simak juga artikel tips berbisnis lainnya yang disajikan mufdana. Semoga bermanfaat!