Wujudkan Semua Mimpi

Bisnis Laundry : Usaha Rumahan yang Mudah dan Menguntungkan

Bisnis Laundry

Ingin membuka bisnis kecil-kecilan di rumah? Anda bisa mencoba bisnis laundry. Bisnis yang satu ini tidak susah untuk dikembangkan, lho. Anda pun tak dituntut untuk memiliki skill bisnis yang ahli. Anda hanya perlu niat yang kuat untuk memulainya.

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Selalu ada masyarakat di sekitar Anda yang tak sempat untuk mengurus pakaian kotor mereka. Untuk membantu menyelesaikan hal tersebut, mereka akan membutuhkan jasa laundry.

Bisnis laundry kiloan cocok untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis. Dengan modal kisaran jutaan rupiah, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuka bisnis laundry pemula.

Rincian Modal Awal dan Alat Kelengkapan Laundry

Sebagai perkiraan untuk Anda yang ingin membuka bisnis ini, berikut adalah beberapa perlengkapan untuk memulai bisnis.

1. Mesin Cuci

Mesin cuci adalah komponen utama dalam membuka bisnis laundry rumahan. Anda membutuhkan minimal satu mesin cuci untuk memulai bisnis dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Setelah bisnis Anda berkembang nanti, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah mesin cuci.

2. Mesin Pengering

Pada umumnya, mesin cuci sudah sekalian dilengkapi dengan mesin pengering. Namun, karena intensitas pemakaian mesin cuci lebih sering daripada pemakaian rumahan, Anda disarankan untuk membeli mesin khusus pengering laundry. Harga mesin pengering per unit sekitar Rp1,5 jutaan.

3. Setrika

Sebagai bagian dari bisnis laundry, Anda juga membutuhkan setrika untuk menyetrika pakaian yang sudah kering. Agar proses menyetrika cepat selesai, setidaknya Anda membutuhkan tiga orang untuk menyetrika baju. Tiga alat setrika bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp300 ribuan.

4. Timbangan Digital

Selanjutnya, Anda juga butuh timbangan digital. Di pasaran, Anda bisa menemukan timbangan dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Timbangan kualitas standar bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp100 ribuan.

5. Meja dan Kursi

Selanjutnya, Anda juga butuh meja dan kursi untuk menerima pelanggan. Satu set meja dan kursi memiliki harga kurang lebih Rp300 ribuan.

6. Hanger, Ember, Jepitan

Karena bisnis Anda berkaitan dengan cuci mencuci, Anda pun membutuhkan perlengkapan tambahan, seperti hanger, ember, dan jepitan. Alokasi untuk membeli perlengkapan tersebut adalah Rp250 ribu.  

7. Spanduk

Anda memerlukan penanda usaha ketika memulai bisnis laundry. Biaya cetak spanduk sederhana kurang lebih Rp200 ribuan.

8. Biaya Operasional Bulanan

Biaya operasional bulanan ini bisa Anda hitung dari target penjualan jasa. Anda bisa membuat rencana bisnis terlebih dahulu untuk menghitung biaya operasional.

Biaya operasional yang perlu diperhitungkan termasuk kebutuhan listrik, air, detergen, pewangi, plastik pembungkus, gaji karyawan dan sewa ruko.

Untuk bisnis laundry yang sederhana, Anda bisa memulainya dengan modal awal sekitar Rp6 jutaan. Modal awal tersebut bahkan bisa kurang, jika Anda membuka bisnis laundry sepatu yang dicuci dengan tangan. Anda tidak perlu mesin cuci.

Selanjutnya, setelah bisnis berkembang, Anda bisa menambah perlengkapan bisnis supaya bisa melayani lebih banyak klien.

Keuntungan Membuka Bisnis Laundry

Apakah bisnis laundry di masa pandemi tetap menguntungkan? Meskipun ada banyak orang yang stay di rumah, bisnis ini tetap menjanjikan. Meski tidak sibuk sekalipun, ada banyak orang yang malas mencuci dan menyetrika baju. Inilah peluang yang Anda manfaatkan.

Keuntungan membuka bisnis ini pun sangat banyak. Selain modalnya yang bisa diminimalisasi, berikut adalah keuntungan lain membuka bisnis ini.

1. Mudah Dipelajari

Anda tidak harus menjadi ahli untuk membuka usaha laundry. Selama Anda bisa mencuci dan menyetrika pakaian dengan rapi, Anda bisa membuka bisnis ini. Usaha laundry memang sangat mudah dipelajari.

2. Bisa Anda Mulai dari Rumah

Selanjutnya, Anda pun bisa membuka bisnis laundry di rumah. Jika orang-orang di sekeliling Anda potensial untuk menjadi target pasar, Anda tidak perlu menyewa ruko. Semua aktivitas laundry bisa Anda lakukan di rumah.

3. Dibutuhkan oleh Masyarakat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis ini akan menjadi salah satu bisnis yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Umumnya, orang-orang tidak keberatan untuk mencuci, terlebih sekarang ini ada mesin cuci.

Namun, sangat banyak orang yang tidak suka menyetrika. Jadi, mereka lebih memilih memanfaatkan jasa laundry untuk mengurus pakaian mereka.

Penutup

Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan, terlebih lagi jika belum ada usaha serupa di sekitar Anda. Selain modal awal yang tidak terlalu besar, bisnis ini juga mudah dipelajari dan cocok sebagai bisnis laundry kiloan untuk pemula.

Tertarik untuk membuka bisnis laundry? Analisis dulu pasar dan kompetitor di sekitar Anda, ya. Jika semuanya mendukung untuk membuka bisnis, jangan ragu untuk memulainya. Simak juga artikel tips berbisnis lainnya yang disajikan mufdana.