Wujudkan Semua Mimpi

9 Ide Bisnis Pertanian yang Menjanjikan dan Layak Dicoba

Bisnis Pertanian

Sektor pertanian di Indonesia masih menjadi salah satu sektor yang potensial untuk dijadikan lahan bisnis. Untuk dapat bertahan hidup, setiap orang membutuhkan produk pertanian. Oleh karena itu, Anda pun bisa mempertimbangkan diri untuk membuka bisnis pertanian.

Namun, seperti yang kita ketahui, tidak banyak orang yang akhirnya berani terjun ke bisnis ini karena modalnya yang cukup besar. Seseorang harus menyediakan lahan yang luas, lalu menanaminya dengan tanaman-tanaman pertanian. Sekilas hampir tidak ada bisnis pertanian modal kecil.

Padahal, pada kenyataannya, tidak semua bisnis di bidang pertanian membutuhkan modal yang besar. Bisnis pertanian di era digital tetap bisa Anda jalankan meski dengan modal minim sekalipun. Simak informasi berikut.

Ide Bisnis Pertanian Kekinian dan Potensial

Apa bisnis pertanian yang menjanjikan di era ini? Tentu saja banyak. Beberapa ide bisnis yang akan disebutkan di sini adalah beberapa di antaranya yang populer, potensial, dan layak untuk Anda coba.

Modal utama yang perlu Anda siapkan jika ingin membuka bisnis pertanian adalah minat dan keinginan belajar. Setidaknya, Anda harus punya ilmu-ilmu dasar dalam bertani. Dengan begitu, Anda pun bisa bersaing di bisnis ini. Berikut adalah beberapa ide bisnis pertanian yang menguntungkan.

1. Bertani Tanaman Organik

Saat ini, banyak orang yang memilih membeli tanaman organik daripada tanaman konvensional. Alasannya adalah karena tanaman organik lebih sehat dan bebas pestisida. Tanaman organik tidak membawa risiko kesehatan ketika dikonsumsi setiap hari.

Jika Anda memiliki lahan pertanian, cobalah untuk menanam tanaman secara organik. Biaya yang Anda keluarkan tentu akan lebih besar jika dibandingkan dengan tanaman konvensional.

Hal ini wajar mengingat harga tanaman organik memang lebih mahal daripada tanaman biasa. Namun, mengingat pasarnya yang cukup bagus, tak ada salahnya untuk menanam buah atau sayur secara organik.

2. Bertani Tanaman Hidroponik

Untuk Anda yang tidak memiliki lahan yang luas, tetapi masih ingin bertani, teknik hidroponik bisa menjadi solusinya. Tanaman hidroponik tidak menggunakan media tanam berupa tanah, tetapi air. 

Anda bisa bertani di mana pun. Anda bisa menjadikan tanaman hidroponik sebagai bisnis pertanian rumahan.

Tidak semua tanaman hidroponik adalah organik. Namun, hasil tanaman hidroponik lebih berkualitas daripada tanaman biasa. Bisnis ini pun sama potensialnya dengan bisnis pertanian organik.

3. Budidaya Tanaman Hias

Salah satu bisnis di bidang pertanian yang tidak akan pernah ada matinya adalah tanaman hias. Pasar untuk bisnis ini selalu ada karena banyak orang yang memiliki hobi menanam tanaman hias.

Bahkan, semenjak pandemi, tanaman hias kembali populer di kalangan masyarakat. Anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan bisnis yang potensial.

4. Budidaya Jamur Tiram

Selanjutnya, bisnis pertanian yang sangat menjanjikan selanjutnya adalah budidaya jamur tiram. Berbeda dengan tanaman pertanian yang membutuhkaan masa tanam yang lama, jamur tiram bisa Anda panen setiap 40 hari. Cara membudidayakannya pun tidak sesusah yang Anda bayangkan.

Anda hanya perlu memperdalam ilmu dalam membudidaya jamur. Siapkan semua kebutuhan yang diperlukan. Lalu, mulailah untuk terjun ke bisnis ini.

5. Pengepul Hasil Pertanian

Lalu, untuk Anda yang tidak cukup punya pengetahuan terkait pertanian, Anda tetap bisa terjun di bisnis ini. Anda bisa menjadi pengepul hasil pertanian. Bisnis ini juga amat potensial.

6. Jual Perlengkapan Pertanian

Pilihan bisnis lainnya untuk Anda yang tidak cukup punya keahlian dalam bertani adalah membuka toko pertanian. Anda bisa menyediakan alat-alat pertanian, seperti media tanam, alat-alat hidroponik, dan yang lainnya.

7. Konsultan Pertanian

Untuk Anda yang sangat ahli dalam bidang pertanian, Anda juga bisa membuka jasa konsultasi pertanian. Meskipun masih asing, jasa ini ternyata cukup potensial mengingat ada banyak sekali orang-orang yang berprofesi sebagai petani. Anda bisa memberikan konsultasi kepada mereka.

8. Blogger di Bidang Pertanian

Selanjutnya, tak selalu menjadi konsultan pertanian, Anda yang punya pengetahuan di bidang pertanian juga bisa menjadi blogger. Anda bisa membuat blog yang di dalamnya berisi artikel-artikel bidang pertanian. Bisnis ini juga cukup menjanjikan.

9. Membuat dan Menjual Pupuk

Terakhir, bisnis pupuk juga cukup potensial, khususnya untuk Anda yang berada di daerah pertanian. Pupuk menjadi bahan penting untuk menghasilkan produk pertanian yang bagus. Barang ini pasti akan selalu laku.

Penutup

Dari informasi di atas, untuk membuka bisnis di bidang pertanian, Anda tidak harus selalu menjadi petani. Ada banyak peluang usaha lainnya yang bisa Anda geluti. 

Hidup di era modern seperti sekarang ini, Anda bisa mengandalkan internet untuk terjun ke dunia pertanian. Misalnya menjadi blogger atau jual-beli pupuk secara online.

Dengan pengetahuan dan wawasan yang luas, Anda bisa menjadi petani yang cerdas yang mampu menghasilkan produk pertanian berkualitas dengan lebih efektif. Jadi, jangan pernah memandang rendah bisnis pertanian, ya.

Simak juga artikel tips berbisnis lainnya yang disajikan mufdana. Semoga informasi ini bermanfaat!