Wujudkan Semua Mimpi

11 Cara Mengatasi Stres Kerja Paling Efektif untuk Karyawan

Cara Mengatasi Stres Kerja

Anda wajib tahu cara mengatasi stres kerja karena itu merusak kesehatan mental dan fisik. Jika dibiarkan, mungkin akan berlanjut menjadi depresi. 

Sayangnya, banyak pekerja tidak menyadari apa penyebab stres sehingga tidak tahu bagaimana harus bersikap.

Sebagai panduannya, artikel kali ini akan menjelaskan:

  • Hal-hal yang bisa memicu stres kerja,
  • Contoh kasus dan cara mengatasinya.

Pelepasan stres bagi setiap orang berbeda-beda. Coba cari akar masalahnya, lalu atasi dengan cara yang tepat. 

Penyebab Stres Kerja secara Umum

Supaya lebih ringkas, berbagai penyebab stres kerja dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu:

  • Ketidaknyamanan fisik,
  • Konflik antar personal,
  • Ketidakteraturan,
  • Beban kerja berlebih.

Beberapa permasalahan di atas membutuhkan solusi yang berbeda. Apa saja?

Contoh Stres Kerja dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa contoh cara mengatasi stres yang timbul akibat berbagai masalah seputar pekerjaan:

1. Lakukan Hal yang Menyenangkan sebelum Kerja

Pagi hari yang penuh tekanan akan membawa dampak buruk pada pekerjaan. Suasana tersebut cenderung menyebabkan stres.

Maka dari itu, awali hari di kantor dengan lebih tenang. Lakukan hal menyenangkan seperti minum kopi atau mendengarkan musik.

2. Gunakan Waktu secara Efisien

Ketidakteraturan pemanfaatan waktu kerja adalah contoh lain penyebab stres karyawan.

Solusinya, Anda harus belajar memanajemen waktu. Coba buat daftar tugas mulai yang paling penting sampai yang bisa dikerjakan terakhir. 

Menyelesaikan tugas prioritas lebih awal membuat Anda terbebas dari stres.

Semakin menunda pekerjaan, Anda semakin khawatir tidak bisa menyelesaikan itu sehingga malah mengakibatkan stres.

3. Berikan Respons yang Positif

Beberapa orang melampiaskan stres ke hal yang salah, contohnya minum alkohol atau makan berlebihan. 

Mulai sekarang ubah respons terhadap stres dengan kegiatan positif. Cukup perbanyak olahraga dan optimalkan waktu istirahat.

Ketika stres, jangan mengerjakan kegiatan yang justru membuat tidur Anda terganggu. Efeknya, stres jadi semakin parah.

4. Jangan Paksakan Diri sampai Kewalahan

Cara mengatasi stress kerja karyawan paling ampuh yaitu mengetahui batas kemampuan.

Bukan cuma soal jumlah pekerjaan, tetapi tetapkan juga batas jam kerja serta kekuatan fisik.

Anda mungkin sering menerima terlalu banyak pekerjaan karena merasa mampu. Padahal, itu melampaui batas kemampuan, yang mana berpotensi stres.

Memaksakan diri sampai kewalahan hanya membuat tubuh sangat kelelahan.

5. Ajak Rekan Kerja Sharing Hal Positif

Cara mengatasi stres di lingkungan kerja selanjutnya yaitu membangun sikap positif.

Sikap positif itu menular karena orang di sekitar Anda akan turut menyerap energi positif.

Jadi, daripada bergosip saat sedang kumpul bersama rekan sekantor, lebih baik bicarakan hal-hal yang bermanfaat.

6. Selesaikan Pekerjaan di Tempat Kerja

Masih harus mengurus pekerjaan di atas ranjang setelah jam kerja adalah penyebab stres lainnya.

Cara mengatasi stres di tempat kerja semacam itu adalah dengan menyelesaikan semua tugas pada waktunya.

Setelah itu, tinggalkan segala hal seputar pekerjaan termasuk ponsel dan laptop.

Saat pulang kerja, pastikan Anda bukan hanya meninggalkan tempat kerja secara fisik, tetapi juga mental.

7. Belajar Mengendalikan Emosi

Banyak pekerja mengalami stres akibat konten di media sosial. Belajarlah mengendalikan emosi agar tidak perlu keluar energi untuk hal sepele.

Itulah kenapa salah satu cara mengatasi stres kerja menurut psikologi adalah menumbuhkan awareness terhadap cara berpikir yang jernih.

Pikiran jernih dapat mengurangi beban psikis sehingga Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan.

8. Sediakan Waktu Khusus untuk Hobi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hobi atau kegiatan rekreasi fisik cocok untuk mengatasi pekerjaan yang penuh tekanan.

Saat menjalani hobi, paling tidak Anda merasakan kebebasan yang dapat melepaskan stres.

Bayangkan bahagianya Anda bisa bermain futsal di akhir pekan bersama kawan setelah melewati minggu yang berat.

9. Cuti dan Pergilah Liburan

Jangan lupa bahwa cuti juga merupakan hak karyawan. Ambil cuti, pergilah berlibur ke tempat yang menyenangkan. Untuk sementara waktu lupakan segala hal tentang pekerjaan.

Intinya, istirahatkan diri Anda jika sudah merasa tidak sanggup lagi menghadapi stres.

10. Tidur Cukup

Dampak stres kerja antara lain kondisi fisik menurun dan gangguan kecemasan. Itu bisa membahayakan diri sendiri di tempat kerja.

Katakanlah Anda bekerja di pabrik. Jika fisik kurang fit dan tidak bisa fokus, maka risiko terjadinya kecelakaan kerja pasti meningkat.

Semua itu bisa terjadi karena Anda kurang tidur. Solusinya, mulailah perbaiki kualitas tidur Anda.

Penelitian mengatakan bahwa peluang stres bertambah 30% setiap kali Anda tidak tidur secara teratur.

11. Pertimbangkan Pindah Tempat Kerja

Terakhir, contoh stres kerja misalnya Anda selalu merasa tidak tenang karena punya masalah dengan rekan kerja.

Pilihannya, Anda bisa mengajukan perubahan rekan atau pindah ke perusahaan lain.

Dalam kondisi seperti itu, mungkin sebaiknya Anda mengalah demi terhindar dari lingkungan kerja toxic yang memicu stres.

Stres Kerja Harus Segera Diatasi

Bagaimanapun, kondisi mental saat bekerja memang sangat rentan stres. Anda sebaiknya menghindari hal-hal yang berpotensi menjadi pemicu. Jika sudah telanjur stres, segera atasi dengan cara mengatasi stres kerja di atas agar tidak berlanjut ke tingkat depresi.

Simak juga tips bekerja lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai pendukung untuk bekerja lebih nyaman dan produktif.