Wujudkan Semua Mimpi

10 Usaha Sampingan yang Menjanjikan: Cuan Besar, Modal Kecil

Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Butuh penghasilan tambahan tapi modal tipis? Tenang saja, beberapa usaha sampingan yang menjanjikan hanya butuh modal kecil, tapi cuannya tetap besar.

Besaran modal tentu relatif, tapi kalau modal kecil, biasanya masih di bawah Rp2 juta hingga Rp3 jutaan. Untuk cuan menjanjikan, berarti bisa memberikan Anda penghasilan rutin tiap bulan, setidaknya sebesar UMR setempat.

Penasaran usaha sampingan apa yang seperti itu? Simak usaha sampingan modal kecil berikut.

Usaha Souvenir atau Kerajinan Tangan

Jika Anda termasuk kreatif dan punya keterampilan membuat kerajinan tangan, maka peluang bisnis sampingan ini sangat bagus untuk Anda ambil.

Usaha ini bisa Anda kerjakan setelah jam kerja atau di akhir pekan. Sifatnya tentu pre-order. 

Anda bisa promosi lewat media sosial atau menawarkan langsung ke pelanggan. Biasanya mereka yang membutuhkan yaitu yang menyelenggarakan acara seperti pernikahan, syukuran, rapat kantor tahunan, dan lainnya.

Modalnya kecil, tapi jika dalam 1 minggu Anda bisa mengerjakan 3 pesanan, sangat mudah menyentuh omzet jutaan.

Broker Properti atau Kendaraan

Jadi broker tak perlu modal besar, yang penting jaringan luas. Bahkan, agen properti atau broker kendaraan sekarang bisa Anda lakukan online, sebagai sampingan.

Potensi penghasilannya pun bukan main-main. Anda bisa mendapatkan komisi 2-3% per penjualan.

Mitra MUFDana

Peluang usaha sampingan menjadi mitra MUFDana sangat menjanjikan. Potensi hasilnya bisa mencapai jutaan, bahkan belasan atau puluhan juta per bulan.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan berbentuk komisi langsung, insentif jika mencapai target tertentu, reward barang sesuai poin, atau hadiah tour. Testimoninya bisa Anda lihat di sini.

Yang lebih mengasyikkan, untuk daftar jadi mitra MUFDana, sama sekali tidak butuh biaya alias gratis. Tugas Anda hanya membantu orang-orang mendapatkan solusi kebutuhan uang mendesak lewat pinjaman multiguna dari MUFDana.

Jadi, sebagai usaha sampingan karyawan juga sangat menjanjikan.

Pertamini

Jika lokasi Anda jauh dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), maka usaha Pertamini atau bensin isi ulang cukup ideal.

Modalnya kecil, alatnya hanya sekitar Rp9 jutaan untuk yang digital. Ada juga yang manual seharga ratusan ribu. Jika tidak, mulai dengan botol bekas pun bisa.

Usaha ini relatif tidak rumit, pasarnya pun pasti ada, dan anti basi. Untuk keuntungan per liter bisa ambil dari Rp1.500 – Rp3.000, tergantung lokasi.

Jasa Cuci Motor

Usaha ini juga tidak butuh modal besar, apalagi jika Anda memulainya dari rumah atau sewa lapak seadanya. 

Alat penyemprot air untuk cuci motor bahkan ada yang harganya kurang dari Rp100.000. Selain itu, tambahan sabun, air, dan bangku untuk duduk pelanggan.

Sekali cuci, tarif biasa antara Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. Tergantung lokasi, jumlah pelanggan cuci motor per hari biasanya mulai dari 10-50 motor. Musim hujan bisa lebih banyak lagi.

Les Privat atau Umum

Usaha ini cocok sebagai usaha sampingan untuk mahasiswa, pelajar, atau ibu rumah tangga. Modalnya cukup menyediakan waktu dan punya pengetahuan di bidang yang akan diajarkan.

Tarif les privat mulai dari Rp50.000 sekali pertemuan. Jika bersama-sama atau umum, tarifnya mulai dari Rp100.000 perbulan. 

Tentu saja masih bisa lebih tinggi, tergantung tingkat kesulitan. Dari sini, terlihat betapa menjanjikannya peluang ini.

Buka Kursus Online

Jepang, Korea, Mandarin), presentasi, public speaking atau lainnya? Kalau begitu, Anda bisa buka usaha kursus online.

Modalnya tak terlalu besar, bahkan bisa pakai HP berkamera (resolusi minimal 720p). Yang penting, dapat mengemas sehingga klien bisa mempraktikkan instruksi Anda.

Jika sudah jadi, Anda dapat mendaftar ke platform tutor online. Cukup sekali buat dan Anda bisa menjual kursus Anda berkali-kali. Anggap harga kursus Anda Rp100.000. Dengan 10x penjualan, maka omzet jutaan mudah tercapai.

Dropship atau Affiliate

Keduanya sama-sama menjualkan produk orang lain. Jadi, tak perlu buat produk sendiri.

Kalau dropship, Anda menjualkan sampai deal. Kemudian masalah pengiriman, jadi urusan supplier.  Kalau affiliate, Anda cukup merujukkan saja. Selanjutnya masalah follow up sampai deal dan mengirimkan barang, urusan supplier.

Tergantung harga dan jumlah penjual, usaha sampingan dropship maupun affiliate cukup menjanjikan. Bahkan sudah banyak yang terbukti menghasilkan jutaan atau puluhan juta rupiah dari sini.

Jual Produk Digital

Bentuk produk digital bermacam-macam, mulai dari tulisan, gambar, desain, foto, video, aplikasi, hingga software

Keuntungan produk digital yaitu Anda hanya perlu membuatnya sekali, tapi bisa menjualnya berkali-kali tanpa tambahan biaya produksi. Artinya, potensi cuannya sangat menjanjikan.

Bahkan, tak perlu buat sendiri. Anda bisa beli produk jadi. Tergantung skill marketing, Anda bisa menjualnya berkali lipat.

Content Creator

Intinya adalah membuat konten, dalam bentuk apa pun seperti produk digital di atas.

Anda bisa mengemasnya dalam bentuk jasa pembuatan konten untuk akun atau channel pelanggan. Fee-nya bisa per konten, per proyek, atau bulanan.

Bisa juga membangun akun sendiri, lalu menjualnya. Atau, monetisasi dengan iklan, endorse, affiliate, dan lainnya.

Sarannya, mulai saja dari tanpa modal, seperti jadi mitra MUFDana. Daftar gratis, tanpa target bulanan, dan komisi besar. Sangat bagus sebagai usaha sampingan yang menjanjikan.