Wujudkan Semua Mimpi

Kisaran Biaya Liburan ke Jepang untuk Seminggu

Biaya Liburan ke Jepang

Jepang merupakan negara yang ramah dengan traveler. Tidak heran, banyak orang dari penjuru dunia yang datang ke negeri sakura ini. Tetapi, apakah biaya liburan ke Jepang juga sama ramahnya, atau justru membuat memberatkan kantong?

Untuk menjawabnya, silakan cermati estimasi biaya liburan ke Jepang untuk satu minggu ini. Jika mau, Anda bisa sesuaikan dengan dana dan rencana perjalanan Anda sendiri nantinya.

Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum terbang ke Jepang, alokasikan dana untuk hal-hal ini:

1. Tiket

Untuk satu kali jalan, harga tiket pesawat ke Jepang biasanya berkisar antara Rp4 – Rp5 juta per orang. Jadi, untuk pulang-pergi, Anda bisa siapkan Rp10 juta per orang. Namun, jika beruntung, Anda bisa mengantongi tiket promo dengan kisaran harga Rp1,7 – Rp2,5 juta saja untuk sekali jalan.

2. Paspor

Jika sudah memiliki paspor, Anda bisa melewatkan tahap ini. Namun, jika belum, Anda perlu membuat paspor lebih dulu, baik secara online atau offline.

Biaya pembuatan paspor bervariasi, bergantung pada format paspor yang Anda pilih. Untuk biayanya, Anda bisa sediakan dana Rp350 ribu untuk paspor biasa atau Rp650 untuk e-paspor.

3. Visa

Untuk membayar visa single entry, Anda perlu siapkan dana sebesar Rp330 ribu.

Tapi, jika ingin opsi yang lebih murah, maka Anda bisa mengambil visa waiver ke Jepang. Visa ini gratis dan berlaku selama 15 hari. Akan tetapi, visa waiver hanya bisa diambil oleh pemilik e-paspor.

Kisaran Biaya:

ItemBiayaKeterangan
Tiket Pesawat PPRp10 jutaBisa kurang jika mendapat tiket promo.
E-PasporRp650 ribuTak perlu membuat paspor baru jika sudah punya.
Visa waiver0Harga visa waiver hanya berlaku jika memiliki e-paspor.
TotalRp10.650.000

Biaya Selama di Jepang

Jika sudah sampai di Jepang, maka kebutuhan apa yang selanjutnya harus Anda siapkan? Ini rinciannya:

1. Penginapan

Mahal atau murahnya harga hotel di Jepang sangat bergantung pada lokasi yang Anda pilih. Semakin dekat dengan tempat wisata, biasanya semakin tinggi pula harganya.

Untuk perhitungan ini, Anda bisa alokasikan dana Rp700 ribu per malam. Dengan nominal tersebut, maka Anda sudah bisa mendapat hotel bintang dua yang cukup nyaman. Atau, hostel dan Bed and Breakfast (BnB) yang relatif bagus.

2. Makanan

Harga makanan di Jepang bervariasi, bergantung pada tempat makan yang Anda pilih.

Biasanya, turis akan memilih untuk makan makanan di kios pinggir jalan ataupun makanan minimarket dengan variasi menu yang mengenyangkan, mulai dari sandwich, nasi bento, hingga ramen. Anda bisa alokasikan Rp70 ribu untuk sekali makan.

3. Transportasi

Salah satu transportasi di Jepang untuk wisatawan yang bisa Anda ambil adalah JR Pass.

JR Pass adalah tiket terusan untuk kereta cepat yang bisa mengantar Anda ke berbagai lokasi wisata di Jepang, misalnya Osaka, Kyoto, hingga Hokkaido. Untuk JR PASS berdurasi 7 hari, Anda perlu merogoh kocek Rp5,3 juta per orang.

4. Tiket Wisata

Tidak sedikit destinasi wisata Jepang yang gratis, sehingga Anda bisa menghemat dana untuk membeli tiket.

Namun, jika Anda ingin masuk ke lokasi wisata yang berbayar seperti Tokyo Tower atau Tokyo Skytree, Anda bisa menyiapkan dana Rp150 ribu per lokasi. Diperhitungan ini, anggaplah Anda mendatangi tiga destinasi wisata per hari.

Kisaran Biaya:

ItemBiaya per HariTotal 7 HariKeterangan
PenginapanRp700 ribuRp4,9 jutaBisa dapat hostel, BnB, atau hotel bintang dua.
MakananRp210 ribuRp1,47 jutaMakanan street food atau minimarket.
TransportasiRp5,3 jutaJR Pass
Tiket wisataRp450 ribuRp3,150 juta3 destinasi dalam sehari.
TotalRp14,820,000

Kebutuhan Lain

Selain hal-hal diatas, apa yang harus dipersiapkan untuk liburan ke Jepang?

1. Beli Adapter untuk Charger

Tak seperti di Indonesia, colokan di Jepang adalah steker tipe A. Oleh karena itu, Anda memerlukan adapter agar bisa mengisi daya gadget Anda di sana. Anda bisa mendapatkan adapter tipe A di e-commerce dengan harga Rp150 – Rp350 ribu.

2. Sewa WiFi Portable

Agar selalu bisa update di media sosial, Anda perlu menyewa  WiFi portable. Untuk paket unlimited, kisaran harganya adalah Rp75 ribu per hari.

Kisaran Biaya:

ItemBiaya per HariTotal 7 HariKeterangan
AdapterRp150 ribuRp150 ribuSteker tipe A
WiFi PortableRp75 ribuRp525 ribuPaket unlimited
TotalRp675,000

Jadi, Berapa Totalnya?

Berapa uang yang harus Anda alokasikan untuk liburan ke Jepang selama 7 hari? Ini totalnya:

ItemBiaya per Hari
Biaya sebelum berangkatRp10.650.000
Biaya selama di JepangRp14.820.000
Kebutuhan lainRp675.000
TotalRp26.145.000

Tentu saja, angka tersebut bukanlah angka mutlak. Nominal tersebut masih bisa berubah, bergantung pada rencana liburan Anda.

Soal rencana perjalanan, Anda yang paling bisa menentukan. Namun, soal dana, Anda bisa serahkan pada MUFDana.

MUFDana menyediakan layanan Pinjaman Multiguna untuk persiapan traveling Anda. Tak perlu beranjak kemana-mana, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan gadget untuk pengajuan, serta jaminan BPKB mobil ataupun motor. Dalam waktu 1-2 hari kerja, dana sudah cair dan bisa Anda gunakan.

Dengan MUFDana dari Mandiri Utama Finance (MUF), biaya liburan ke Jepang tak akan membuat hati was-was. Jadi, selamat berlibur!