Wujudkan Semua Mimpi

Tips Wisata ke Singapura untuk Pemula

Tips Wisata ke Singapura

Jalan-jalan ke Singapura sering menjadi pilihan bagi pelancong yang baru pertama kali keluar negeri. Selain karena jaraknya dekat, harga tiketnya juga relatif terjangkau dan fasilitas publiknya pun memadai.

Apakah Anda juga berniat untuk berlibur ke Singapura? Sebelum berangkat, simak dahulu tips wisata ke Singapura ini.

Pahami Peraturan Singapura

Jika Anda baru pertama kali ke Singapura, sebaiknya Anda pelajari dahulu larangan-larangan di negeri singa ini. Pasalnya, banyak hal yang sering terjadi di Indonesia ternyata dilarang ketat di Singapura.

Peraturan apa saja yang harus Anda taati di Singapura? Ini beberapa di antaranya:

  • Hindari membawa rokok dan minuman keras. Jika Anda tetap mau membawa, jangan lupa melaporkan ke petugas bandara agar bisa didata untuk bea masuk.
  • Tak boleh membawa vape.
  • Tak boleh makan permen karet dan membuang sisa permen karet sembarangan.
  • Hindari buang sampah sembarangan.
  • Jangan memotret orang lain tanpa izin.
  • Dilarang meludah sembarangan.
  • Hindari membawa parfum berukuran lebih dari 100cc.
  • Tak boleh membuang-buang air.

Larangan di atas terdengar sepele, namun bisa membuat Anda kena denda hingga ribuan dolar. Jadi, jangan diabaikan, ya.

Pilih Angkutan Umum untuk Transportasi

Apakah Anda sering menggunakan angkutan umum di Indonesia? Jika tidak, Anda bisa ‘bayar lunas’ di Singapura.

Transportasi di Singapura sangat rapi serta terintegrasi dengan berbagai fasilitas publik. Dari Bandara Changi, Anda bisa langsung memilih beragam jenis transportasi, mulai dari MRT, LRT, bus, hingga taksi. Semua jenis transportasi umum bisa mengantarkan Anda ke berbagai tempat wisata Singapura.

Jika mau lebih hemat, Anda bisa mendapatkan SG Tourist Pass seharga Rp330 ribu. Dengan tiket terusan ini, Anda bisa naik MRT, LRT, ataupun bus selama tiga hari tanpa dipungut biaya.

Selain itu, ada juga tiket terusan Singapore Tourist Pass Plus seharga Rp545 ribu. Tiket ini tak hanya menawarkan transportasi gratis, tapi juga gratis tur Singapura 1 jam, kartu pos, serta voucher untuk membayar jasa pemandu.

Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Pakaian dan sepatu yang nyaman merupakan hal yang wajib dibawa. Pasalnya, dengan kisaran suhu 25-32 derajat celcius, cuaca Singapura tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Meski tidak terik, bisa saja Anda merasa lembab dan berkeringat. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat. Karena area pejalan kaki di Singapura cukup nyaman, Anda juga mungkin akan banyak berjalan kaki. Sehingga membawa sepatu yang ringan dan empuk wajib hukumnya.

Tidak Perlu Membawa Setumpuk Uang Cash

Tips jalan-jalan ke Singapura selanjutnya adalah tidak perlu membawa banyak uang tunai.

Sebenarnya, tidak ada larangan untuk membawa uang tunai di Singapura. Akan tetapi, saat ini Singapura juga sudah memberlakukan pembayaran melalui dompet digital, sehingga Anda bisa membayar belanjaan dengan mudah.

Selain itu, beberapa opsi dompet digital di Singapura pun sudah popular di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • QRIS
  • GrabPay
  • GooglePay
  • OCBC Pay Anyone
  • DBS PayLah

Selain melalui dompet digital, Anda juga bertransaksi dengan kartu kredit dan debet. Selain lebih praktis, tindakan ini juga bisa mencegah uang hilang dan mencegah Anda jadi sasaran kejahatan di negeri orang.

Belanja di Toko Duty-Free

Singapura kerap digadang-gadang sebagai surganya belanja, terutama barang-barang dari merk kelas dunia. Tempat belanja barang branded di Singapura memang tak hanya satu atau dua, tapi banyak macamnya.

Namun, Tahukah Anda, jika Anda belanja di toko duty-free, Anda bisa menghemat pengeluaran? Inilah salah satu tips wisata ke Singapura berikutnya.

Pemerintah Singapura menerapkan pengembalian pajak hingga 8% jika Anda berbelanja lebih dari S$100 (setara Rp1,2 juta) di toko-toko dutyfree. Toko duty-free bisa Anda temui di banyak tempat, mulai dari bandara, pelabuhan, serta Orchard Road yang terkenal.

Anda hanya perlu mengumpulkan struk belanja yang dilakukan di hari yang sama, lalu mengajukan pengembalian pajak secara online atau offline. Setelah itu, uang pengembalian bisa Anda terima secara tunai, melalui kartu kredit, atau cek.

Siapkan Dana Ekstra

Membuat perkiraan dana yang terperinci saat sedang liburan, apalagi di luar negeri, memang merupakan hal yang wajib. Akan tetapi, kadang ada saja kondisi darurat yang berada di luar rencana. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan dana ekstra.

Di mana Anda bisa mendapatkan dana untuk liburan serta kebutuhan lainnya? Untuk urusan tersebut, serahkan saja kepada MUFDana.

MUFDana merupakan layanan pembiayaan untuk berbagai macam kebutuhan, dari kebutuhan produktif hingga konsumtif.

Hanya dengan syarat BPKB kendaraan, Anda sudah bisa mendapatkan Pinjaman Multiguna dari MUFDana. Proses pengajuannya pun mudah, bisa Anda lakukan secara online, dan bisa langsung masuk ke kantong Anda dalam 1-2 hari kerja.

Bersama MUFDana dari Mandiri Utama Finance (MUF), Anda tak perlu lagi khawatir soal biaya. Coba praktikkan tips wisata ke Singapura di atas, dan nikmati liburan Anda tanpa hati waswas.