Wujudkan Semua Mimpi

Daftar Persiapan Menikah, Lengkap dengan Checklist

Persiapan Menikah

Saat menikah, Anda mungkin akan merasakan beragam emosi, mulai dari bahagia, syukur, lega, hingga haru. Sebaliknya, momen persiapan menikah justru sering dianggap berbelit-belit, sehingga butuh waktu lama untuk merampungkannya.

Apakah Anda sedang di fase mempersiapkan pernikahan? Jika ya, jangan gentar dulu, karena artikel ini menyediakan daftar kebutuhan untuk hari besar tersebut.

Persiapan Sebelum Menikah

Persiapan menikah apa saja? Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda sudah melakukan hal berikut.

Bulatkan Niat dan Raih Restu Orang Tua

Pernikahan merupakan komitmen dan tanggung jawab yang besar. Maka dari itu, pastikan niat sudah bulat untuk menikah, dan Anda siap untuk menerima pasangan bagaimanapun keadaannya.

Selain itu, penting untuk mengantongi restu orang tua. Tujuannya agar kehidupan pernikahan Anda berjalan dengan lancar dan harmonis.

Konseling Pernikahan

Beberapa tahun belakangan, banyak orang mulai menyadari pentingnya persiapan mental sebelum menikah. Oleh karena itu, banyak pasangan yang melakukan konseling pernikahan dengan psikolog. Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih mengenal pasangan serta meningkatkan empati pada satu sama lain.

Jika tak mau ke psikolog, Anda juga bisa mengikuti sesi konseling pernikahan yang diadakan oleh KUA. Biasanya, Anda akan menerima panggilan dari KUA untuk menghadiri konseling 1-2 minggu sebelum tanggal pernikahan.

Persiapan Kesehatan Sebelum Menikah

Cek kesehatan sebelum menikah juga tak kalah penting. Biasanya, yang diperiksa adalah:

  • Kondisi organ tubuh dan tanda-tanda vital, misalnya pemeriksaan darah, pemeriksaan jantung, tekanan darah, dan lain-lain.
  • Kesehatan seksual, misalnya ada atau tidaknya penyakit menular seksual, kendala fertilitas, dan lain-lain.
  • Melakukan vaksinasi, misalnya vaksin HPV, tetanus, hepatitis, dan lain-lain.

Jika enggan melakukan tes kesehatan satu persatu, Anda juga bisa mengambil paket cek kesehatan pranikah yang tersedia di berbagai rumah sakit.

Persiapan untuk Hari Pernikahan

Sekarang saatnya mengurus persiapan hari-H pernikahan. Apa saja yang harus Anda siapkan?

Mahar dan Cincin

Mahar merupakan salah satu persiapan menikah dalam Islam yang wajib diberikan oleh pengantin pria pada pengantin wanita sebagai simbol tanggung jawab dan kasih sayang. Adapun syarat mahar adalah:

  • Harganya tidak memberatkan suami
  • Berupa benda berharga
  • Benda yang bermanfaat
  • Cara mendapatkannya halal

Sebaliknya, cincin bukanlah kewajiban yang harus dipenuhi, melainkan hanya simbol yang mengikat pasangan agar senantiasa menjaga komitmen.

Dokumen Pernikahan

Untuk proses legalisasi, Anda perlu mempersiapkan dokumen guna mendaftarkan pernikahan. Beberapa dokumen tersebut adalah:

  • Surat pengantar, surat permohonan nikah, serta surat ijin menikah dari pengurus warga setempat, seperti pengurus RT, RW, dan kepala desa.
  • Data diri Anda dan pasangan, misalnya fotokopi KTP, KK, akta kelahiran, serta nomor ponsel.
  • Foto Anda dan pasangan dengan latar biru. Pastikan warna birunya sudah sesuai dengan ketentuan KUA, ya.
  • Materai Rp10.000.
  • Informasi mahar.

Mengurus  surat nikah perlu berapa bulan? Sebenarnya, Anda bisa mengurusnya 10 hari menjelang tanggal pernikahan. Tapi, agar persiapan menikah lebih matang, sebaiknya urus dokumen ini paling lambat satu bulan sebelum hari-H.

Lokasi Pernikahan

Lokasi pernikahan sudah harus ditentukan sejak Anda mendaftarkan pernikahan. Pasalnya, informasi ini diperlukan oleh KUA untuk mengutus penghulu yang akan menikahkan Anda.

Ada berbagai opsi lokasi untuk pernikahan, mulai dari rumah, gedung, hingga kafe. Apa pun pilihannya, pastikan sesuai dengan dana yang Anda punya.

Undangan

Saat ini, ada dua jenis undangan yang bisa Anda gunakan, yakni undangan cetak dan elektronik.

Undangan cetak bisa Anda buat di percetakan terdekat. Biasanya, percetakan sudah memiliki desain sendiri, sehingga proses cetak jadi lebih mudah. Harga undangan cetak tidak mahal, mulai dari Rp1000 saja. Namun, semakin banyak jumlah undangan yang Anda cetak, biasanya semakin murah harganya.

Sementara itu, undangan elektronik bisa Anda buat di vendor undangan di media sosial atau e-commerce. Biasanya, harga undangan elektronik sekitar Rp150 – Rp300 ribu. Meski terkesan mahal, undangan elektronik bisa Anda sebar sebanyak mungkin.

Katering

Katering merupakan salah satu syarat persiapan menikah yang wajib Anda pertimbangkan dengan matang. Pastikan Anda memilih katering yang tidak hanya menyajikan makanan lezat, namun juga halal dan tidak cepat basi. Jika perlu, Anda dan pasangan bisa mendatangi acara test food yang digelar oleh penyedia katering terlebih dulu.

Cinderamata

Anda bisa memilih beragam cinderamata, mulai dari pajangan meja, piring kecil, hingga parfum botolan. Jangan khawatir mahal, karena harga cinderamata ini ada yang di bawah Rp1000.

Kebutuhan Pernikahan Lainnya

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih ada banyak kelengkapan lainnya. Agar tidak pusing, Anda bisa memanfaatkan list persiapan pernikahan tanpa WO yang lebih lengkap ini. Anda bisa screenshot dan cetak daftar ini jika mau.

Daftar Persiapan Pernikahan

PersiapanCheck ListKeterangan (Isi Sendiri)
Mahar
Cincin
Dokumen pernikahan
Undangan
Katering
Cinderamata
Dokumentasi
Foto Pre-wedding
Dekorasi Lokasi
Hiburan
Pembawa Acara
Baju dan Rias Pengantin
Baju keluarga dan pendamping

Seperti yang Anda lihat, persiapan pernikahan memang tidak sedikit. Hal ini tentu butuh dana yang besar.

Untungnya, Anda tak perlu pusing soal dana, karena MUFDana dari Mandiri Utama Finance (MUF) siap membantu Anda.

Layanan pembiayaan MUFDana siap membantu Anda menunaikan persiapan menikah Anda. Hanya dengan menjaminkan BPKB kendaraan, Anda sudah bisa mendapat pembiayaan dalam waktu 1-2 hari.

Menikah adalah langkah yang baik. Jadi, jangan tunda niat Anda, wujudkan impian pernikahan Anda bersama MUFDana sekarang juga.