Wujudkan Semua Mimpi

Estimasi Perhitungan Biaya Menikah di Rumah dan Gedung

Biaya Menikah

Sedang merencanakan pernikahan? Setelah memantapkan niat, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menghitung biaya menikah.

Pada dasarnya, mahal atau tidaknya biaya pernikahan sangat bergantung pada konsep serta jumlah tamu yang Anda undang.

Sebagai gambaran, Anda bisa lihat rata-rata biaya pernikahan di artikel ini. Namun, supaya mudah, mari asumsikan jumlah tamu Anda adalah 500 orang.

Daftar Kebutuhan dan Biaya Menikah

Apa saja hal yang Anda perlukan untuk menggelar pesta pernikahan, dan berapa biayanya? Ini detailnya:

Dokumen Pernikahan

Yang dimaksud dengan pembuatan dokumen pernikahan adalah proses mengurus perizinan serta cetak foto latar biru. Jadi, Anda hanya perlu biaya untuk mencetak dan mengkopi dokumen saja.

Untuk keseluruhan proses ini, kisaran biayanya adalah sekitar Rp100.000.

Penghulu

Sebetulnya, jika menikah di KUA, Anda tak perlu membayar jasa penghulu. Akan tetapi, jika Anda ingin menikah di luar KUA dan mengundang penghulu, Anda perlu menyiapkan dana Rp600.000.

Lokasi Pernikahan

Resepsi di gedung pernikahan merupakan salah satu aspek yang cukup memakan biaya. Dengan asumsi Anda mencari tempat yang strategis, maka biaya yang perlu Anda siapkan adalah sekitar Rp15 juta.

Akan tetapi, jika Anda memilih melaksanakan pernikahan sederhana di rumah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya gedung sepeserpun.

Mahar & Seserahan

Mahar dan seserahan merupakan simbol tanggung jawab pihak laki-laki terhadap pihak perempuan. Akan tetapi, hanya mahar yang bersifat wajib, sementara seserahan tidak.

Soal harga, mahar dan seserahan menganut prinsip yang sama, yakni jangan sampai memberatkan pihak suami. Untuk keduanya, Anda bisa alokasikan dana dalam biaya menikah sebesar Rp3 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan mahar dan seserahan berupa:

  • Seperangkat alat ibadah sederhana
  • Perlengkapan rias dan perawatan kulit wanita
  • Pakaian dalam wanita
  • Pakaian, sepatu, serta aksesori seperti tas, jam tangan, ikat pinggang, hingga jilbab
  • Sepasang handuk

Cincin Kawin

Sama seperti seserahan, cincin kawin juga bukanlah hal yang wajib. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang membelinya sebagai simbol komitmen kedua pengantin. Harga cincin kawin emas dan palladium berkisar di Rp3,5 juta.

Dekorasi

Baik menikah di gedung atau rumah, Anda tetap  perlu menyediakan dana untuk dekorasi, seperti dekorasi pelaminan, gerbang, hingga kotak sumbangan. Untuk keseluruhan dekorasi, biasanya dana yang perlu Anda siapkan berkisar di Rp12 juta.

Jika ingin hemat, Anda bisa menekan biaya dengan menggunakan dekorasi pernikahan sederhana dengan kisaran harga Rp9 juta.

Katering

Harga hidangan pernikahan bervariasi, tergantung menu yang Anda pilih. Akan tetapi, Anda sudah bisa mendapat hidangan lezat dengan biaya Rp50.000 per tamu.

Dengan asumsi Anda mengundang 500 tamu, maka biaya menikah 500 undangan adalah Rp25 juta.

Rias dan Baju Pengantin

Saat menikah, tidak sedikit pengantin yang membuat baju sendiri demi pesta sekali seumur hidup. Jika ingin begini, Anda bisa sediakan biaya sekitar Rp10 juta.

Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan jasa rias yang juga menyewakan baju pengantin. Untuk cara ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp2 juta.

Cinderamata Pernikahan

Sebagai salah satu komponen dari biaya menikah, cinderamata pernikahan banyak macamnya. Akan tetapi, ada baiknya memilih cinderamata yang bermanfaat bagi tamu.

Bagaimana dengan harganya? Tenang saja, harganya tidak mahal. Anda bisa menyisihkan Rp1.000 per cinderamata.

Undangan

Saat ini, ada dua jenis undangan yang lumrah digunakan, yakni undangan cetak dan elektronik.

Jika ada dananya, Anda bisa membuat undangan cetak dengan harga mulai dari Rp1.500 per buahnya. Namun, jika ingin menghemat biaya menikah, Anda bisa menggunakan undangan elektronik dengan harga sekitar Rp300.000 per desain. Meski terkesan mahal, Anda bisa menyebar undangan elektronik sebanyak yang Anda mau.

Dokumentasi

Soal dokumentasi, ada beragam jasa yang bisa Anda pilih, misalnya foto saja, video saja, atau kombinasi keduanya. Mahal atau tidaknya biaya dokumentasi pernikahan sangat bergantung pada jenis jasa yang Anda pilih. Akan tetapi, biayanya biasanya sekitar Rp3 juta.

Dengan estimasi biaya tersebut, ini totalnya:

Alokasi Menikah di Rumah Menikah di Gedung
Dokumen Pernikahan Rp100.000
Penghulu Rp600.000
Sewa Lokasi   Rp15.000.000
Mahar & Seserahan Rp3.000.000
Cincin Kawin Rp3.500.000
Dekorasi Rp9.000.000 Rp12.000.000
Katering Rp25.000.000
Rias & Sewa Baju Rp2.000.000
Cinderamata Rp500.000
Undangan Cetak Rp750.000
Dokumentasi Rp3.000.000
Total Rp44.450.000 Rp.65.450.000

Siapa yang Membiayai Pernikahan?

Sebelum melengkapi daftar diatas, ada baiknya Anda dan pasangan membicarakan soal sumber biaya terlebih dulu. Siapa yang akan menanggung biaya pernikahan; pengantin pria, pengantin wanita, atau mau urunan saja?

Pasalnya, isu biaya bisa menjadi topik sensitif karena erat kaitannya dengan tradisi keluarga masing-masing. Jadi, harus didiskusikan dengan matang.

Namun, pada dasarnya, semua opsi sah untuk dilakukan. Yang terpenting adalah, biaya tersebut tidak sampai membebani kedua pengantin.

Pernikahan adalah momen yang membahagiakan. Oleh karena itu, jangan sampai perkara biaya menjadi beban untuk Anda.

Tapi, jika Anda menemui masalah soal dana, MUFDana dari Mandiri Utama Finance (MUF) bisa jadi solusinya.

MUFDana menyediakan layanan pembiayaan untuk kebutuhan apa pun, salah satunya adalah untuk biaya menikah. Hanya dengan BPKB kendaraan, Anda sudah bisa mengantongi dana dalam 1-2 hari kerja.

Jadi, jangan tunda niat baik Anda. Wujudkan pernikahan impian Anda dengan menghubungi MUFDana.