Wujudkan Semua Mimpi

Kebebasan Finansial: Manfaat, Perhitungan & Kiat Suksesnya

Kebebasan Finansial

Siapa sih yang tidak ingin mencapai kebebasan finansial? Hampir setiap orang pasti memimpikannya. Namun, apa itu kebebasan finansial?

Kebebasan finansial atau merdeka finansial adalah kondisi di mana seseorang sudah bisa memenuhi biaya hidupnya sehari-hari dari passive income. Di tahap ini, kondisi finansial bukan lagi hal yang perlu dicemaskan.

Sebagai contoh, misal biaya hidup Anda Rp5 juta setiap bulan. Jika passive income yang Anda hasilkan sudah bisa mencapai minimal Rp5 juta per bulan, maka Anda sudah mencapai financial freedom.

Manfaat Kebebasan Finansial

Dengan mencapai financial freedom, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat. Manfaat bebas finansial di antaranya yaitu:

1. Mandiri Secara Finansial

Dengan bebas secara keuangan, artinya Anda tidak perlu lagi bergantung pada orang lain atau bahkan cari pinjaman untuk urusan finansial.

Kebebasan finansial juga memungkinkan Anda untuk memutus rantai sandwich generation. Dengan begitu, keturunan Anda tidak harus membiayai dirinya sendiri, anak, dan juga orang tuanya. 

2. Tidak Lagi Pusing Memikirkan Cara Memenuhi Kebutuhan Harian

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan caranya. Sebab, sudah memiliki dana yang cukup. dan lainnya. 

Ini menjadi waktunya Anda untuk bisa menikmati kerja keras Anda selama ini! Anda juga bisa membeli hal-hal yang Anda butuhkan tanpa khawatir saat melihat harganya. 

3. Memiliki Waktu Luang untuk Melakukan Hal yang Anda sukai

Mencapai kebebasan finansial artinya Anda memiliki waktu luang untuk fokus ke hal yang Anda sukai. Anda juga punya kebebasan lebih untuk menjalani hobi.

Kalau pun Anda masih ingin bekerja, Anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion. Jadi, Anda bekerja bukan lagi karena uang, tetapi karena memang hal itu adalah hal yang Anda suka. Selain itu,  

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mencapai kebebasan finansial  di usia muda?

Level Keuangan Menuju Kebebasan Finansial

Sebelum mulai menghitung besarnya biaya yang Anda butuhkan untuk mencapainya, ada 3 level menuju kebebasan finansial yang harus Anda pahami. Pastikan Anda sudah achieved seluruhnya. 

1. Financial Literacy

Di tahap ini, Anda sudah bisa menentukan strategi yang cocok untuk tujuan Anda, karena Anda sudah memahami kondisi keuangan Anda. 

Seperti yang Anda pahami, setiap orang pasti memiliki profil risiko dan situasi keuangan yang berbeda. Maka dari itu, membutuhkan strategi yang berbeda pula.

2. Financial Security

Kondisi keuangan Anda di level ini sudah lebih stabil dan aman. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi kondisi darurat, karena sudah mempunyai dana darurat ideal dan asuransi.

3. Financial Independence

Untuk memenuhi kebutuhan di level keuangan ini, Anda tidak perlu bergantung dan berutang pada orang lain. Sebab, dana yang Anda miliki sudah cukup untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Cara Menghitung Biaya Menuju Kebebasan Finansial

Setelah mengetahui 3 level keuangan menuju kebebasan finansial, kini saatnya memperkirakan berapa dana yang harus Anda siapkan untuk mencapainya.

Rumus: 

Pengeluaran Tahunan = Pengeluaran bulanan x 12

Dana yang Harus Terkumpul= Pengeluaran Tahunan / return investasi

Jika pengeluaran Anda setiap bulannya adalah Rp5 juta, maka pengeluaran setahun Anda mencapai Rp60 juta. 

Anggap saja Anda masukkan dana pensiun ke produk investasi yang memiliki return 5%. Sehingga dana yang harus Anda kumpulkan sebanyak Rp1,2 miliar.

Namun, perlu menjadi catatan bahwa potensi return investasi tersebut berdasarkan asumsi di masa lalu. Sementara itu, situasi dan kondisi mungkin saja berubah, sehingga mempengaruhi nilai return di masa depan. 

Simulasi hitungan tersebut juga masih mengesampingkan inflasi. Ini berarti dengan adanya inflasi, dana yang perlu Anda siapkan harus lebih besar dari perhitungan di atas. 

Kiat Mencapai Kebebasan Finansial

Ingin mencapai financial freedom di usia muda? Bisa kok! Untuk mencapai bebas finansial usia 40, Anda bisa mengikuti 3 tips sederhana di bawah ini.

1. Catat Pengeluaran Secara Detail

Lakukan pencatatan pengeluaran secara detail agar Anda tahu bagaimana kondisi keuangan Anda dan besarnya pengeluaran setiap bulan dan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa tahu biaya hidup Anda selama satu bulan. Biaya tersebut akan menjadi dasar perhitungan untuk mengetahui dana yang perlu Anda kumpulkan agar bisa mencapai kebebasan finansial. 

2. Menambah Active Income

Cara mencapai kebebasan finansial yang selanjutnya yaitu dengan menambah active income. Jika active income yang Anda peroleh semakin besar, maka dana yang bisa Anda investasikan juga akan semakin besar. 

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambah penghasilan dari side job sebagai freelancer, kerja paruh waktu, dropship, atau reseller.

3. Investasi

Mulailah untuk berinvestasi. Kenapa harus investasi? Investasi ini seperti kendaraan yang akan mempercepat Anda untuk mencapai tujuan keuangan. 

Dengan berinvestasi, Anda bisa memperoleh keuntungan dari return investasi. Ini akan membuat nilai uang Anda bertambah, sehingga akan lebih cepat untuk mencapai kebebasan finansial.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mencapai kebebasan finansial memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Asalkan Anda tetap produktif dan konsisten, cita-cita mencapai financial freedom tetap bisa Anda raih.

Jangan lewatkan beragam artikel lain mengenai tips finansial lainnya yang disajikan oleh mufdana dari Mandiri Utama Finance (MUF).