Wujudkan Semua Mimpi

Tips Menabung Harian: Bangun Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Tips Menabung Harian

Mengetahui tips menabung harian adalah salah satu hal penting. Apalagi jika Anda ingin memulai habit menabung.

Umumnya, orang-orang masih menganggap jika menabung berarti mengumpulkan “sisa” keuangan. Jika begitu caranya, sangat wajar jika usaha Anda selalu gagal. 

Lantas, sebaiknya bagaimana?

Tips Berhasil Menabung Harian Secara Efektif

Berikut adalah beberapa tips agar bisa menabung setiap hari. Siapa tahu dapat membantu Anda dalam membangun habit menabung harian.

1. Mengubah Mindset

Anda masih berstatus pelajar? Anda bisa mengaplikasikan tips menabung harian untuk pelajar yang satu ini.

Mindset yang benar dalam menabung juga akan berpengaruh pada konsistensi Anda dalam menabung. Dengan mindset yang kurang tepat, sudah pasti Anda akan kesulitan menabung, meskipun hanya Rp5 ribu per hari.

Ubah mindset dari “menyisihkan uang” menjadi “potongan awal”. Misal, Anda punya uang Rp100 ribu dan akan menabung nanti setelah semua kebutuhan tercukupi. Itu akan susah.

Coba jika Anda memotong di awal, sebagai contoh  10% dari total uang harian Anda. Jadi, Anda sudah menabung Rp10 ribu di awal. Nah, barulah sisanya bisa Anda gunakan untuk keperluan yang lain. 

2. Masukkan Tabungan dan Lupakan

Selama ini, mungkin Anda selalu mengingat berapa saja nominal tabungan Anda. Dengan begitu, tidak heran jika menabung terasa berat dan membosankan. 

Selain membuat Anda cepat bosan, terlalu mengingat tabungan membuat aktivitas bisa terganggu. Tentu saja hal ini kurang efektif. 

Langkah terbaiknya adalah melupakan uang yang sudah Anda tabung. Anda hanya perlu memasukkan sedikit uang ke tabungan. Waktu demi waktu pun berlalu dan Anda akan terbiasa menerapkan tips menabung harian ini.

3. Jangan Langsung Menabung dalam Jumlah Besar Sekaligus

Jika memang Anda sanggup, silahkan. Tapi, jika Anda masih kesulitan, apalagi sedang berada di fase membangun habit menabung, sebaiknya hindari hal ini.

Menabung dalam jumlah besar memang efektif untuk hasil akhir yang besar. Namun, sebaiknya Anda memulainya dengan nominal yang lebih kecil. Siapa yang akan menjamin jika setelah menabung Anda justru kehabisan uang?

Jadi, mulai menabung dengan nominal kecil sebagai salah satu tips menabung harian di celengan. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah nominalnya sedikit demi sedikit. 

4. Buat Celengan yang Sulit untuk Dibuka

Ada kalanya setelah mulai berusaha untuk rutin menabung, tetapi tidak lama kemudian jumlahnya kembali menipis karena berbagai godaan.

Ini bisa saja terjadi salah satunya karena tempat penyimpanannya terlalu mudah untuk Anda akses. 

Salah satu tips menabung harian di rumah agar tidak diambil adalah dengan membuat tempat penyimpanan yang susah untuk dibuka. Misalnya seperti kaleng celengan. 

Sebenarnya menggunakan tabungan celengan juga bisa saja Anda buka. Akan tetapi, ini akan memerlukan effort lebih dan kemungkinan besar Anda akan mengurungkan niat untuk membukanya. 

5. Potong Pengeluaran Konsumtif

Berat rasanya membatasi hal-hal yang sudah biasa Anda lakukan. Misalnya seperti memotong pengeluaran makan yang tadinya Rp30 ribu menjadi Rp20 ribu bahkan Rp15 ribu. 

Padahal, sebenarnya ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk bisa menabung harian. Jika merasa kesulitan, Anda bisa memulainya dengan memasak sendiri, alih-alih jajan lewat driver ojol atau ke restoran. 

Selain hemat pengeluaran karena bahan-bahannya lebih terjangkau, tips menabung harian ini juga menjadi kesempatan untuk hidup lebih sehat dan higienis.

6. Maksimalkan Promo Diskon

Butuh refreshing dengan ke mall atau liburan, tapi lagi berusaha menabung? Tenang saja! Anda tetap bisa melakukannya, kok.

Bagaimana caranya?

Caranya yaitu dengan memanfaatkan diskon. Coba deh cek aplikasi e-wallet Anda atau cek aplikasi untuk beli tiket. Anda bisa belanja atau liburan saat ada diskon dan potongan. 

Selain tidak bikin boros, diskon bisa membuat Anda dapat keuntungan banyak, karena mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari biasanya.  Sudah pasti, tips menabung harian ini akan efektif!

7. Batasi Tingkat Belanja Online

Meskipun Anda selalu mengejar diskon, tapi jika habit belanja online terlalu berlebihan, ya hasilnya akan sama saja. 

Rasanya memang seru bisa belanja online. Selain harganya lebih murah, Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk perjalanan. Namun, jika Anda ingin menabung, Anda bisa mengurangi intensitas belanja.

Ingat, ini hanya membatasi, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali. Selama menabung, sebaiknya Anda buat prioritas terlebih dahulu. 

Pilah mana yang termasuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Setelah itu, baru renungkan kira-kira apakah barang tersebut sangat urgen atau tidak.

Intinya, menabung harian akan terasa lebih mudah jika Anda menerapkan tips di atas. Mulai dari mengubah mindset, membuat tabungan yang sulit Anda buka, sampai mengurangi intensitas belanja online.

Apakah informasi tentang tips menabung harian ini membantu? Jangan lewatkan beragam artikel mengenai tips keuangan lainnya yang disajikan oleh mufdana dari Mandiri Utama Finance (MUF).