Wujudkan Semua Mimpi

Tips Menabung yang Benar, Keuangan Dijamin Lancar

Tips Menabung yang Benar

Sudah menabung dalam waktu lama, tapi kok uangnya enggak juga terkumpul banyak. Sebelum judge yang tidak-tidak, coba deh simak beberapa tips menabung yang benar berikut ini. 

Ada beberapa alasan yang mungkin membuat uang yang Anda tabung tidak terkumpul. Bisa karena kurang jelasnya tujuan, batasan waktu, dan nominal, atau tidak menggunakan perhitungan yang tepat. Bisa juga karena kurang konsisten.

Agar ini tidak terjadi, langsung saja simak tips cara menabung yang benar berikut ini.

Tips Menabung yang Benar

Tentu saja tidak semua orang akan cocok dengan beberapa tipsnya. Namun, beberapa tips jitu ini akan membuat keberhasilan menabung jadi lebih besar. 

Simak sampai selesai, ya!

1. Penuhi Dana Darurat Terlebih Dahulu

Apa yang harus Anda lakukan untuk menabung yang benar? Tips menabung yang efektif pertama yaitu coba penuhi dana darurat terlebih dahulu. 

Ini akan sangat berguna ketika Anda mengalami masa krisis keuangan. Misalnya setelah resign atau PHK. 

Hitung kebutuhan Anda selama sebulan, lalu kumpulkan sebanyak 6 kali. Dengan begitu, dana darurat bisa memenuhi kebutuhan Anda setidaknya selama 6 bulan. 

2. Miliki Jaminan Kesehatan

Bagaimana dengan jaminan kesehatan?

Banyak orang menganggap investasi dalam menjaga kesehatan itu tidak penting. Coba lihat realita dan kemungkinan di masa depan. Masa depan bukan hanya berisi hal baik saja, melainkan juga hal terburuk juga. Misalnya seperti jatuh sakit atau kecelakaan.

Siapa sih yang mau, sudah capek-capek mengumpulkan tabungan, tapi justru habis hanya untuk sekali berobat? 

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memiliki jaminan kesehatan terlebih dahulu sebelum mengumpulkan niat untuk menabung. Contohnya, seperti BPJS.

3. Tentukan Apa Tujuan Menabung

Apa sih kira-kira tujuan menabung? Untuk bisa kaya atau untuk mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang?

Coba buat tujuan menabung. Namun, pada tips menabung yang baik dan benar ini, coba buat tujuan yang lebih terfokus lagi. Misal, ingin mengumpulkan Rp10 juta dalam satu tahun untuk membeli laptop.

Dengan tujuan yang sudah terfokus dan mengerucut, jelas saja motivasi menabung pun akan semakin besar.

Dalam menentukan tujuan, sebaiknya Anda juga menyusun skala prioritas. Tentukan kebutuhan atau keinginan mana yang paling besar dan Anda butuhkan.

4. Tentukan Target Nominal dan Waktu Menabung

Untuk keberhasilan menabung, lebih baik jika Anda sudah merencanakannya sejak awal. Bukan merencanakan untuk sekedar “menabung” saja, tapi juga target nominal dan jangka waktunya.

Buat kebijakan untuk diri sendiri, berapa banyak uang yang hendak Anda kumpulkan. Setelah mendapatkan angka yang sesuai, pikirkan juga kira-kira Anda butuh waktu berapa lama.

Baru setelah itu Anda bisa menyelesaikan dan menyesuaikan dengan kemampuan menabung Anda setiap harinya.

5. Menabung Itu Menyisihkan, Bukan Menyisakan

Sejauh ini, masih banyak orang yang berpegang pada ungkapan “Menabung itu adalah mengumpulkan sisa uang”. Realitanya, cara ini kurang efektif dan justru habis duluan untuk belanja kebutuhan dan keinginan.

Nah, pada tips menabung dengan benar, coba ubah pandangan tentang menabung itu menjadi “Menabung itu menyisihkan uang di awal sebelum memenuhi kebutuhan”. 

Tentukan seberapa besar porsi uang yang perlu Anda tabung. Umumnya, nominal tabungan yang paling aman adalah 10% dari total penghasilan. 

Jadi, kamu bisa menabung Rp100 ribu di awal jika memiliki penghasilan Rp1 juta. Barulah sisanya bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Jika porsi tabungannya terlalu kecil, Anda bisa menambah jumlah persentasenya. 

6. Prioritaskan Kebutuhan

Lagi-lagi, kita berbicara tentang skala prioritas. Sadar atau tidak, skala prioritas bisa jadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam menabung. Sederhananya, ini bisa berarti hemat.

Dalam menerapkan cara menabung yang benar untuk masa depan ini, coret beberapa dari list keinginan yang sifatnya kurang terlalu urgent. Tentu saja setelah menentukan apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Dengan demikian, semua kebutuhan terpenuhi dan Anda masih tetap bisa bertahan meskipun beberapa daftar keinginan tidak terwujud. Demi bisa menabung, bukan?

Anda juga bisa memulainya dari langkah kecil, seperti hemat listrik dan air. Tidak terlalu sering berlangganan, dan beberapa langkah lainnya 

7. Cari Penghasilan Tambahan

Merasa kesulitan untuk berhemat terlalu ekstrem? Coba tambah pemasukan. Salah satu cara yang cukup efektif yang bisa Anda ambil adalah dengan punya penghasilan lain, selain dari penghasilan utama. 

Ada banyak cara untuk menambah penghasilan. Mulai dari jual barang bekas, jadi pekerja part time, freelancer, atau jadi reseller/dropshipper. Simak juga Tips Cara Mencari Pekerjaan Sampingan Untuk Pegawai Kantor.

Pada dasarnya, menabung adalah salah satu hal mudah, tapi memerlukan kebiasaan yang baik karena praktiknya memang sangat sulit. Untuk memulainya, Anda harus mempersiapkan berbagai hal, termasuk salah satunya strategi dan niat menabung yang menggebu.

Akan tetapi, dengan beberapa tips menabung yang benar di atas, pasti Anda akan berhasil dan bisa menabung dengan mudah.

Jangan lewatkan beragam artikel lain mengenai tips keuangan yang disajikan oleh mufdana dari Mandiri Utama Finance (MUF).