Wujudkan Semua Mimpi

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Saat masih single, Anda merasa malas dan kurang konsisten untuk belajar kelola uang? Coba bulatkan kembali tekad Anda! Sebab, saat sudah menikah nanti Anda perlu tahu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Nah, di artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengelola keuangan dalam rumah tangga agar tidak boros.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setiap keluarga pasti memiliki kondisi keuangan yang berbeda. Ada yang lebih cepat mencapai level keuangan yang lebih stabil. Ada juga yang harus berjuang hingga bertahun-tahun.

Namun, apa pun kondisinya, semua butuh perjuangan dan konsistensi. Tidak ada hal yang instan dalam pengelolaan keuangan.

Untuk mengatur keuangan keluarga, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut agar tidak boros.

1. Hitung Semua Pemasukan

Cara pertama dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan menghitung semua pemasukan keluarga Anda selama satu bulan. Mulai dari gaji istri, gaji suami, dan penghasilan lain dari bisnis, kerja paruh waktu, atau freelancer. Tambahkan bonus, intensif, atau upah lembur jika ada.

Hal ini penting untuk mengetahui jumlah uang yang kalian miliki. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam merencanakan pengeluaran dan mengatur keuangan keluarga.

2. Buat Catatan Keuangan

Untuk mengetahui besarnya pengeluaran rumah tangga setiap bulan, catat secara detail setiap pengeluaran. Cara mengatur keuangan rumah tangga ini bisa dilakukan dengan menggunakan buku kecil atau Microsoft Excel. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pencatat keuangan, seperti Pina, Money Lover, Andromoney, dan lain-lain.

Kategorikan pengeluaran-pengeluaran tersebut ke dalam pos-pos yang Anda buat. Anda bisa membuat pos untuk belanja bulanan, belanja mingguan, bayar tagihan, biaya sekolah anak dan lain-lain.

Jika malas mencatat secara detail, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan mencatat pengeluaran rutin bulanan. Pengeluaran ini biasanya berupa listrik, air, Wifi, asuransi dan lain-lain. Catat juga pengeluaran mingguan Anda dalam sebulan kemudian dikalikan empat.

3. Buat Anggaran Bulanan

Pada dasarnya, tidak ada rumus mengatur keuangan rumah tangga yang paten Sebab, setiap orang pasti memiliki pengeluaran yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, buat anggaran dari catatan keuangan yang Anda buat. Selanjutnya, Masukkan uang ke dalam pos tersebut dengan nominal yang sudah Anda tetapkan. 

Untuk kebutuhan rumah seperti keperluan dapur, jajan, transportasi, sebaiknya buat dalam mingguan. Ini akan membantu Anda menghemat dan mengontrol pengeluaran, sehingga uang Anda tidak cepat habis sebelum sampai akhir bulan.

4. Jeli Terhadap Promo, Tapi Tidak Kalap

Manfaatkan setiap promo yang ada menjadi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim. 

Membeli barang saat diskon atau promo bisa lebih menghemat budget. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sisa uang tersebut untuk keperluan yang lain.

Namun, jangan sampai Anda justru tergiur promo untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Sebisa mungkin hindari hal itu. 

Memang benar harganya akan lebih murah, tetapi jika Anda tidak membelinya, Anda justru tidak akan kehilangan uang sepeser pun.

5. Mampu Mengendalikan Diri

Jika Anda seringkali impulsif dan tiba-tiba beli barang yang tidak diperlukan, hati-hati! Ini bisa bahaya untuk keuangan keluarga Anda dan menggagalkan penerapan cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik.

Coba pikir kembali sebelum Anda membeli sesuatu. Pahami apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu atau hanya sekedar nafsu belaka. 

Tanya pada diri Anda 2-3 kali bagaimana jika Anda tidak membeli barang itu sekarang juga. Jika setelah dipikirkan ternyata tidak ada aktivitas yang terganggu, coba tunda terlebih dahulu.

Anda juga bisa menyesuaikan keinginan Anda dengan melihat kondisi keuangan Anda. Sebaiknya jangan berutang atau menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

6. Tidak Menyepelekan Uang Kecil

Jangan pernah menganggap remeh pengeluaran-pengeluaran kecil. Meskipun terlihat kecil secara nominal, jika ini Anda lakukan setiap hari, maka akan berdampak pada pengeluaran Anda.

Terkadang pengeluaran-pengeluaran kecil inilah yang justru membuat keuangan Anda bocor. Jika, setiap hari Anda menghabiskan Rp25 ribu untuk hal di luar keinginan, dalam satu bulan sudah memakan budget Rp750 ribu. 

Nominalnya jadi besar bukan?

Selain itu, jangan juga menganggap remeh return investasi yang kecil. Meskipun kecil, jika ini terus digulung dalam waktu yang lama, maka akan menghasilkan return yang besar juga.

7. Usahakan untuk Masak Sendiri dan Bawa Bekal

Kurangi makan di luar juga bisa menjadi cara mengatur keuangan agar tidak boros. Saat makan di luar, pasti ada saja keinginan untuk membeli jenis makanan tertentu yang justru ini menyebabkan budget membengkak. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda masak sendiri dan membawa bekal sendiri saat bekerja. Selain menghemat pengeluaran, masak sendiri juga lebih sehat, bersih, dan bergizi.

Cara Lain Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Itulah tadi 7 cara manajemen keuangan rumah tangga yang paling mudah dan efektif. Selain ketujuh cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan, seperti misalnya:

  1. Buat daftar belanja sebelum pergi berbelanja,
  2. Tentukan skala prioritas keuangan rumah tangga,
  3. Meminimalisir gaya hidup,
  4. Kurangi utang konsumtif dan penggunaan kartu kredit,
  5. Miliki jaminan kesehatan sebagai proteksi,
  6. Lakukan evaluasi secara berkala.

Sudahkah Anda mencoba beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros? Selalu ingat bahwa pengelolaan keuangan tidak bisa instan. Jika Anda sudah mencoba dan belum terlihat hasilnya, tetap lakukan dan jangan menyerah.

Jangan lewatkan beragam artikel lain mengenai tips keuangan yang disajikan oleh mufdana dari Mandiri Utama Finance (MUF).