Wujudkan Semua Mimpi

Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Layak Dicoba

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Menjalankan bisnis sendiri memang lebih menantang daripada menjadi karyawan. Pendapatan Anda tidak pasti. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah, tetapi bisa juga sebaliknya. Untuk memperbesar peluang Anda mendapatkan untung yang besar, pikirkan bisnis modal kecil untung besar.

Di era ini, ada banyak sekali bisnis modal kecil online. Kehadiran teknologi online membuat siapa pun bisa memulai bisnis dengan mudah. Yang dibutuhkan hanyalah niat kuat dan konsistensi agar bisnis modal kecil yang sudah berjalan bisa bertahan dan berkembang dengan baik.

Lalu, adakah bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar? Untuk yang masih pemula atau yang sudah berpengalaman sekalipun, Anda perlu mempertimbangkan beberapa bisnis berikut ketika hendak memulai usaha baru.

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bukan sesuatu yang mustahil untuk membangun bisnis modal kecil. Jika Anda tekun mengembangkan bisnis Anda, bisnis yang awalnya bermodal kecil pun bisa memberikan keuntungan yang maksimal bagi Anda. Berikut beberapa ide bisnis modal 1 juta atau kurang yang bisa Anda coba.

1. Online Shop

Ide bisnis pertama yang perlu Anda coba ketika membicarakan tentang bisnis tanpa modal atau modal kecil adalah online shop. Anda bisa membuka toko online dengan menjadi dropshipper atau reseller. Modal yang dikeluarkan pun tak terlalu besar.

Ketika membuka toko online, Anda tidak perlu menyiapkan uang yang besar untuk menyewa atau membangun toko. Anda hanya perlu memanfaatkan gadget Anda untuk membuat toko online di marketplace atau social media.

Untuk barang dagangan yang dijual, Anda bisa menggunakan sistem reseller atau dropshipper. Keduanya sama-sama menguntungkan. Reseller mengharuskan Anda untuk memberi sejumlah barang terlebih dahulu, sedangkan dropshipper hanya meminta Anda untuk ikut melakukan penjualan.

2. Content Creator

Kemudian, bagi Anda yang memiliki ide-ide kreatif, menjadi pembuat konten di media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa fokus membangun salah satu media sosial terlebih dahulu. Pilih media sosial dengan target pasar yang cocok untuk Anda. Buat konten-konten yang bagus hingga pengikut Anda banyak dan loyal. Selanjutnya, dengan modal kecil Anda pun bisa mendapatkan untung besar dari media sosial tersebut.

3. Desain Grafis

Selanjutnya, jika Anda punya keahlian dalam membuat desain grafis tertentu, jangan ragu untuk memasarkannya, ya. Asal Anda tahu, ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa desain grafis. Jasa ini tidak hanya dibutuhkan oleh industri, tetapi juga perorangan.

Jadi, jika Anda memang tidak bergabung dengan perusahaan mana pun, kembangkan saja bisnis desain grafis ini.

4. Catering

Usaha makanan modal kecil untung besar yang layak Anda coba adalah bisnis catering. Bisnis yang satu ini mengandalkan kemampuan Anda dalam memasak. Jika Anda memang senang memasak, bisnis ini layak untuk Anda coba.

Usaha catering juga termasuk sebagai bisnis yang laku setiap hari. Alasannya adalah karena makanan menjadi kebutuhan utama manusia. Banyak orang yang membutuhkan catering setiap harinya.

5. MUA

Hampir mirip seperti bisnis catering, bisnis MUA (make up artist) juga cukup populer dan layak untuk Anda coba. MUA tidak hanya diperlukan ketika acara perkawinan berlangsung. Saat ini, ada lebih banyak orang yang membutuhkan jasa MUA.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap orang mengharapkan untuk tampil cantik di setiap acara, tidak terbatas pada acara pernikahan. Mereka yang tidak bisa make up sendiri akan memanfaatkan jasa dari MUA. Anda bisa memanfaatkan peluang ini, terlebih jika di daerah Anda belum ada MUA yang profesional.

6. Thrift

Bisnis pakaian, tas, atau barang mewah bekas lainnya juga sangat populer belakangan ini. Anda bisa menjadikannya sebagai ide bisnis modal kecil untung besar.

Seperti yang kita ketahui bersama, akan selalu ada orang-orang yang tertarik membeli barang-barang mewah. Namun, jika membeli baru, harganya jelas sangat mahal. Mereka pun dengan senang hati membeli barang mewah bekas yang harganya lebih murah.

7. Tutor

Terakhir, bagi Anda yang mempunyai keahlian mengajar, menjadi tutor pun adalah pilihan yang tepat. Persaingan nilai yang sangat ketat membuat para pelajar membutuhkan bimbingan dari tutor. Jasa tutor pun akan semakin laris manis ketika masa-masa persiapan ujian masuk PTN.

Anda bisa membuka jasa ini untuk online atau offline. Pandemi membuat orang-orang sudah tidak asing lagi dengan sistem pembelajaran online. Ini pun akan menguntungkan Anda sebagai tutor karena bisa memperluas pasar.

Penutup

Dari seluruh penjelasan ini, adakah ide bisnis yang ingin Anda kembangkan sebagai bisnis pribadi? Setelah mengetahui bisnis apa yang ingin Anda bangun, lakukan riset mendalam tentang bisnis tersebut dan bagaimana cara menjalankannya.

Ketekunan Anda dalam berbisnis menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis. Beberapa ide bisnis modal kecil untung besar pun perlu Anda eksekusi dengan benar agar bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Simak beragam artikel tips berbisnis lainnya yang disajikan oleh mufdana dari MUF (Mandiri Utama Finance). Semoga bermanfaat!