Wujudkan Semua Mimpi

Tips Aman Transaksi Online Agar Tidak Tertipu dan Kecewa

Tips Aman Transaksi Online

Belanja online kini semakin membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, masih ada saja yang mengalami penipuan karena tidak paham tips aman transaksi online.

Supaya tidak tertipu dan menyesal, Anda perlu mengetahui cara melakukan transaksi online yang aman.

Postingan ini akan mengulas 7 tips tentang cara agar tidak tertipu saat belanja online. Simak sampai selesai.

Pilih Situs yang Terpercaya

Ini merupakan tips aman transaksi online yang wajib diketahui. Pertanyaannya, apa saja ciri website yang terpercaya untuk belanja online?

Cirinya antara lain:

  1. Brand website tersebut sudah memiliki nama besar dan terpercaya untuk bertransaksi. Contoh: Shopee, Tokopedia, Lazada dan seterusnya.
  2. Website tersebut sudah mengaktifkan SSL (secure socket layer). Ini adalah fitur yang membuat lalu lintas data pada website tersebut terproteksi dan tidak mudah diretas.
  3. Punya informasi kontak serta kebijakan privasi dan keamanan yang jelas.

Oleh karena itu, mempelajari tempat Anda bertransaksi itu harus. Walau agak sedikit rumit, tapi penting agar tidak ada penyesalan nantinya.

Cek Reputasi Toko

Mungkin saja website atau toko online yang Anda temukan sudah memiliki branding serta ciri lain yang aman. Tapi, sebelum bertransaksi, pastikan cek terlebih dahulu reputasi toko.

Caranya bisa dengan:

  1. Cek review dan ulasan pembeli sebelumnya. Ini akan lebih jelas terutama jika toko tersebut berjualan di marketplace,
  2. Cari info di Google nama toko tersebut, dengan tambahan kueri “review”, “komplain”, atau “penipuan”,
  3. Tanya ke saudara, keluarga, atau teman melalui media sosial, atau di grup komunitas Anda.

Jangan tergiur dengan harga murah. Jika Anda menemukan review buruk tentang kualitas produk ataupun layanan toko tersebut, lebih baik cari yang lainnya.

Baca Deskripsi Produk dan Kebijakan Toko

Tips aman transaksi online ini berkaitan dengan tingkat kepuasan Anda dengan kualitas produk dan layanan toko.

Bisa jadi Anda tertarik dengan suatu produk seperti baju atau alat rumah tangga. Tapi, ternyata itu adalah versi mini dengan ukuran yang sangat kecil. Tentu Anda akan kecewa.

Selain itu, Anda juga perlu membaca dengan teliti kebijakan toko terkait pembelian, transaksi, pengiriman, dan pengembalian. Semua itu agar Anda tidak merasa tertipu karena kurang teliti dalam membaca informasi.

Pakai Metode Pembayaran yang Aman

Metode pembayaran terbaik adalah dengan menggunakan rekening bersama atau escrow.

Ini seperti ketika Anda belanja di marketplace. Uang Anda akan ditahan oleh pihak marketplace hingga barang yang Anda beli sampai di tangan. Jika tak ada komplain, baru kemudian marketplace akan mengirim uang tersebut ke penjual.

Jika tidak belanja di marketplace,  Anda boleh menanyakan apakah bisa menggunakan escrow atau rekber. Kalau tidak bisa, tanyakan lagi apakah bisa COD (cash on delivery – bayar saat barang sampai).

Jika masih tidak bisa, Anda bisa mencoba tips aman transaksi online selanjutnya.

Cek Reputasi Rekening

Penipu biasanya melakukan penipuan tersebut berkali-kali. Jika ia menggunakan rekening yang sama terus-terusan, biasanya sudah ada yang melaporkan rekening tersebut.

Anda dapat mengecek apakah rekening yang digunakan pernah terindikasi melakukan penipuan. Caranya melalui website CekRekening.id.

Pilih menu [Cek Rekening], lalu masukkan nama bank dan nomor rekening yang ingin Anda cek.

Tips Aman Transaksi Online

Jika sudah pernah dilaporkan, maka hasil akan menunjukkan riwayat pelaporannya.

Tips Aman Transaksi Online

Kalau belum, maka sistem akan memberitahu bahwa nomor tersebut belum pernah terkena laporan.

Tips Aman Transaksi Online

Namun, hal itu bukan berarti nomor rekening tersebut aman. Hanya saja belum pernah terlaporkan.

Jangan Memberikan Informasi Rahasia

Ketika belanja online, Anda akan perlu memberikan nama, alamat dan beberapa keterangan lainnya. Namun, ada beberapa jenis informasi yang bersifat rahasia dan tidak boleh Anda beritahukan ke siapa pun juga.

Informasi tersebut antara lain:

  • password, PIN, atau kode OTP,
  • nama gadis ibu kandung,
  • tanggal lahir,
  • nomor kartu debit dan kode CVV kartu kredit.

Semua informasi tersebut tidak berhubungan dengan bagaimana penjual dapat memproses transaksi dan mengirimkan barang. Jadi, tak ada gunanya mereka mengetahui hal tersebut, kecuali untuk niat buruk.

Dengan demikian, jika ada yang meminta informasi tersebut, Anda harus mulai curiga. Ini merupakan salah satu tips aman transaksi online yang juga berkaitan dengan keamanan rekening Anda.

Cek Lagi sebelum Transfer

Selama Anda belum mengirimkan uang, maka Anda tetap aman. Maka dari itu, sebelum transfer, pastikan Anda sudah mengecek semua hal di atas.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan nominal yang Anda bayarkan sesuai dengan nilai barang, termasuk ongkos kirimnya. Jika harganya terasa tidak masuk akal, maka pikirkan ulang.

Tidak hanya jika harganya terlalu mahal, bahkan harga yang terlalu murah pun sering jadi indikasi penipuan.

Jika sudah yakin website dan toko penjual dapat Anda percaya, Anda bisa melakukan pembayaran dengan tenang.

Lakukan tips aman transaksi online di atas setiap kali Anda berbelanja online. Dijamin hasilnya Anda tidak akan pernah kecewa, baik oleh kualitas produk atau layanan toko, maupun karena jadi korban penipuan online.

Jangan lewatkan beragam artikel tips keamanan dalam bertransaksi lainnya yang disajikan oleh mufdana dari Mandiri Utama Finance.