Wujudkan Semua Mimpi

10 Cara Hemat Uang yang Praktis agar Rekening Makin Bertambah

Cara Hemat Uang

Setiap orang perlu tahu cara hemat uang. Mungkin nanti terpakai ketika sedang menabung untuk sesuatu atau memang harus berhemat karena pemasukan sedang seret.

Jika Anda sedang mencari cara agar bisa hemat uang untuk apa pun tujuan Anda, berarti Anda di tempat yang tepat.

Artikel ini akan memberi Anda ide 10 tips cara hemat uang yang praktis dan bakal membuat tabungan Anda makin berisi.

Simak caranya.

Buat Buku Catatan Keuangan Pribadi

Anda tak akan tahu apa yang perlu Anda perbaiki jika tidak memiliki catatan tentang hal tersebut. Di sinilah buku keuangan pribadi berperan sangat penting.

Anda perlu mencatat semua aktivitas finansial Anda, termasuk pemasukan, pengeluaran, utang, aset, dan lainnya. Dari sini, baru Anda bisa menganalisis profil finansial Anda dan membuat rencana penghematan.

Caranya? Cek artikel kami lainnya tentang cara membuat buku keuangan pribadi.

Membuat Kategori Pengeluaran

Cara hemat uang selanjutnya, Anda perlu membuat kategori pengeluaran, berdasarkan tingkat kepentingan dan kedaruratan.

Dari semua pengeluaran Anda di bulan lalu, tentukan mana yang termasuk:

  1. Penting dan mendesak, contoh: biaya pengobatan,
  2. Penting, tapi tidak mendesak, contoh: biaya makanan,
  3. Kurang penting tapi mendesak, contoh: kado pernikahan teman,
  4. Kurang penting dan tidak mendesak, contoh: top up game favorit.

Pastikan Anda selalu memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. 

Tentukan Plafon Pengeluaran

Selanjutnya, Anda perlu membuat rencana anggaran bulanan, berdasarkan aktivitas finansial bulan lalu, dan tujuan finansial Anda.

Caranya yaitu dengan membatasi pengeluaran hingga nominal tertentu. Contoh, jika budget untuk hiburan bulan lalu habis hingga Rp1.000.000, Anda bisa menguranginya hingga cukup Rp500.000 di bulan ini.

Beberapa pos pengeluaran mungkin tidak dapat Anda kurangi. Inilah pentingnya menentukan kategori berdasarkan tingkat kepentingan dan mendesaknya pengeluaran tersebut.

Masukkan dalam Kantong Terpisah

Setelah menentukan plafon pengeluaran, masukkan jatah masing-masing ke dalam kantong yang terpisah.

Anda bisa melakukannya secara konvensional dengan menyiapkan amplop bertanda khusus untuk masing-masing pos pengeluaran. Sederhana, tapi cara ini cukup ampuh untuk mencapai tujuan hemat uang.

Atau, bisa juga melakukannya secara digital melalui dompet elektronik. Saat ini, sudah banyak dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fasilitas pemisahan pengeluaran dalam kantong terpisah.

Utamakan Investasi dan Tabungan

Investasi berguna untuk membangun kondisi finansial yang sehat di masa mendatang. Sedangkan tabungan berfungsi sebagai cadangan dalam menghadapi kondisi tak terduga.

Pastikan Anda menunaikan kedua hal tersebut di awal bulan. Jangan tunggu menabung atau berinvestasi dari uang sisa. Sebaliknya, kedua hal ini harus menjadi prioritas utama Anda.

Cari Alternatif yang Lebih Hemat

Lihat laporan keuangan pribadi Anda, biasanya Anda bisa menemukan hal yang sering membuat Anda keluar banyak uang. Sebagai gantinya, Anda perlu mencari alternatif yang lebih hemat.

Contoh, jika selama ini Anda ke kantor naik mobil pribadi, maka mulai sekarang manfaatkan transportasi umum. Jika selama ini Anda bisa ngopi di kafe 4 kali sebulan, maka mulai sekarang belajar meracik kopi sendiri di rumah.

Telusuri pengeluaran Anda dan cari alternatif lain yang lebih murah. Dijamin, Anda akan terheran-heran dengan nominal yang bisa Anda hemat hingga akhir bulan.

Upayakan Membayar secara Tunai

Membayar secara tunai akan mengikat kesadaran Anda pada ketersediaan anggaran untuk pengeluaran tersebut. Jadi, cara Anda hemat uang adalah dengan berhati-hati untuk tidak membeli yang tidak perlu.

Hindari menggunakan kartu kredit atau pay later sebisa mungkin. Memang kadang hal ini sangat membantu di waktu urgent. Namun jika terlalu sering, Anda dapat kehilangan kesadaran tentang daya beli Anda yang sebenarnya.

Karena itu, usahakan membayar semua transaksi Anda secara tunai, entah dengan uang kontan, dompet elektronik, atau pun kartu debit.

Jangan Beli Dadakan

Salah satu yang sering mengacaukan rencana keuangan adalah pembelian mendadak atau impulse buying. Hindari hal ini.

Bawa uang secukupnya ketika ke pasar, supermarket, atau mall sesuai rencana pembelian Anda sejak dari rumah. Disiplin dengan apa yang sudah Anda anggarkan dan jangan biasakan membeli sesuatu secara dadakan.

Tutup aplikasi e-commerce Anda jika memang tidak ingin beli sesuatu. Jangan scroll tanpa tujuan, apalagi buka bagian flash sale untuk melihat barang diskonan.

Beli Bahan Makanan Sekaligus

Cara hemat uang bulanan terbaik untuk ibu rumah tangga maupun anak kos adalah beli bahan makanan sekaligus untuk satu minggu. Ini termasuk bumbu-bumbuan, daging, maupun sayuran.

Agar awet dan cukup untuk seminggu, lakukan food preparation. Bersihkan semua bahan setelah membeli dan masukkan dalam kontainer terpisah lalu simpan dalam kulkas.

Hal ini juga dapat memotivasi Anda untuk masak sendiri daripada beli di luar atau memesan lewat layanan delivery. Dua hal ini jelas menguras dompet.

Cari Pinjaman Bunga Rendah

Misalkan Anda mengalami kejadian mendadak yang butuh dana mendesak, maka ambil pinjaman yang memberikan bunga rendah seperti MUFDana.

MUFDana dari Mandiri Utama Finance (MUF) menyediakan pinjaman multiguna dengan bunga rendah dan proses cepat. Jaminannya cukup BPKB saja sehingga kegiatan harian Anda tidak terganggu.

Yang penting dalam menerapkan cara hemat uang di atas adalah konsisten dan disiplin. Dengan demikian, semua kebutuhan Anda tetap dapat terpenuhi dan tabungan Anda makin berisi.