Wujudkan Semua Mimpi

Out of the Box! 10 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Mengidentifikasi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan dapat membantumu memilih karier dengan tepat.

Dengan mempersiapkan diri untuk karier tersebut, maka sangat potensial bagi kamu untuk mendapatkan kehidupan yang baik di masa depan.

Artikel ini akan memberikanmu insight mengenai 10 pekerjaan yang menjanjikan di masa depan, beserta alasan dan estimasi penghasilan.

Simak sampai selesai karena benar-benar blowing your mind.

Data Scientist

Era informasi dan digital sudah berkembang dan akan semakin berkembang. Ciri paling penting, yaitu data driven, alias semua hal akan berbasis data.

Pemerintah, perusahaan, dan lain-lain akan mengambil keputusan berdasarkan data. Karena itu, profesi data scientist akan sangat menjanjikan karena selalu dibutuhkan di manapun.

Jadi, pekerjaan paling dicari 10 tahun ke depan adalah data scientist.

Estimasi penghasilan per bulan: US$6.000 – US$10.000 (Rp86 juta – Rp44 juta).

Insinyur Teknologi Energi Terbarukan

Krisis energi akan semakin meluas dan mendalam. Seiring menurunnya cadangan minyak dan gas dunia, orang-orang akan terpaksa beralih pada energi terbarukan.

Orang-orang perlu menemukan alternatif energi fosil dan cara memanfaatkannya secara optimal. Di sini, engineer atau insinyur teknologi energi terbarukan akan memegang peranan penting, baik dalam hal riset maupun terapan.

Mau karier menjanjikan yang masih jarang peminat? Ini bisa jadi pilihanmu.

Estimasi penghasilan per bulan: US$5.000 – US$8.000 (Rp72 juta  – Rp115 juta).

Ahli Robotik

Penggunaan teknologi robotik semakin luas di berbagai industri. Mulai dari manufaktur, transportasi, hingga kesehatan, industri semakin mengandalkan teknologi robotik yang lebih stabil dan presisi.

Ahli robotik merancang dan mengembangkan teknologi robotik secara spesifik di industri tersebut. Jika Anda memiliki skill robotik yang mumpuni, karier ini sangat menjanjikan untuk masa depanmu.

Estimasi penghasilan per bulan: US$5.000 – US$8.000 (Rp72 juta – Rp115 juta).

Ahli Keamanan Siber

Semakin meningkat dan meluasnya penggunaan internet di segala bidang menimbulkan risiko yang jarang orang perhatikan, yaitu keamanan data.

Hacker jahat dapat mengeksploitasi celah keamanan ini sehingga memberikan dampak yang merugikan.

Karena itu, maraknya Internet of Things secara otomatis juga akan diikuti dengan naiknya permintaan untuk ahli cyber security. Opsi karier ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang menyukai teknologi.

Estimasi penghasilan per bulan: US$5.000 – US$8.000 (Rp72 juta – Rp115 juta).

Ahli Bioinformatika

Pandemi yang sempat mengguncang dunia tahun 2019-2020 lalu menegaskan kembali pentingnya ahli bioinformatika.

Pakar bioinformatika mengombinasikan bidang biologi molekuler, komputasi, dan informatika untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data biologis.

Hasil analisisnya dapat digunakan di berbagai bidang, mulai dari pertanian dan pangan, serta farmasi atau obat-obatan.

Estimasi penghasilan per bulan: US$5.000 – US$8.000 (Rp72 juta – Rp115 juta).

Insinyur Teknologi Nano

Teknologi nano menjanjikan banyak terobosan dalam berbagai bidang industri. Mulai dari filter, kosmetik, obat-obatan, hingga perangkat keras, mengadopsi teknologi ini.

Lebih lagi, populasi ahli teknologi nano bisa dibilang belum sebanyak pekerjaan lain dalam daftar pekerjaan yang menjanjikan ini. Jadi, prospeknya masih sangat cerah, termasuk untuk jangka pendek sebagai pekerjaan masa depan 2030.

Estimasi penghasilan per bulan: US$4.000 – US$7.000 (Rp58 juta – Rp101 juta).

Ahli Kecerdasan Buatan

Penggunaan kecerdasan buatan semakin tak terelakkan. Tak hanya industri manufaktur yang monoton, bahkan industri kreatif pun sudah merasakan dampak dari kehadiran teknologi AI (Artificial Intelligence) seperti ChatGPT, Midjourney, dan lainnya.

Ahli AI dan machine learning akan semakin dicari seiring meningkatnya investasi perusahaan-perusahaan besar di bidang ini. Maka dari itu, kamu bisa mempertimbangkannya sebagai pekerjaan masa depan yang menjanjikan.

Estimasi penghasilan per bulan: US$6.000 – US$10.000 (Rp86 juta – Rp144 juta).

Software Developer

Pengembang perangkat lunak memang semakin banyak, tapi permintaannya juga terus meningkat.

Mulai dari web developer, mobile apps developer, system developer, hingga game developer, selalu ada proyek yang perlu dikerjakan untuk para programmer.

Semakin berkembang teknologi, maka akan membutuhkan ahli rekayasa perangkat lunak. Jadi, jika kamu menguasai skill programming, tak perlu khawatir dengan pekerjaan di masa depan.

Estimasi penghasilan per bulan: US$5.000 – US$9.000 (Rp86 juta – Rp144 juta).

Pekerja Kreatif

Pembuat konten menjadi sebuah pekerjaan baru beberapa tahun belakangan, dan akan terus bertahan setidaknya hingga 10 tahun ke depan. 

Para insan kreatif ini menjadi penggerak industri hiburan digital. Dengan pertumbuhan internet dan media sosial, diversifikasi platform, serta perubahan perilaku konsumen ke dunia digital, kebutuhan untuk content creators semakin besar.

Mau pekerjaan yang menyenangkan dan menjanjikan penghasilan besar? Pertimbangkan untuk menjadi kreator konten.

Estimasi penghasilan per bulan: US$4.000 – US$20.000 (Rp58 juta – Rp288 juta).

Digital Marketing Specialist

Selama masih ada bisnis, selama itu pula kebutuhan pemasaran akan selalu ada. Di era serba internet, digital marketing specialist memiliki peran penting dalam pemasaran digital.

SEO, social media marketing specialist, dan programmatic ads specialist masih memiliki prospek yang cerah hingga beberapa tahun ke depan. Kamu bisa mempelajari bidang tersebut dan meniti karier di sana.

Estimasi penghasilan per bulan: US$4.000 – US$6.000 (Rp58 juta – Rp84 juta).

Daftar ini tentu bisa diperdebatkan, begitu juga dengan estimasi penghasilan yang banyak faktor mempengaruhi. Namun, tak ada keraguan bahwa permintaan terhadap 10 pekerjaan yang menjanjikan di masa depan dalam daftar ini sangat tinggi. Itu yang penting.

Jangan lewatkan juga berbagai artikel tips karier lainnya sebagai salah satu sumber inspirasi untuk membangun kesuksesan.