Wujudkan Semua Mimpi

9 Ide Usaha Sampingan Karyawan agar Cuan Tetap Aman

Usaha Sampingan Karyawan

Jadi karyawan bukan berarti tak bisa dapat cuan. Asal tahu ide usaha sampingan karyawan yang memberikan hasil signifikan, dijamin cuan bakal mengalir dengan aman.

Untuk Anda karyawan sibuk yang kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore, ide usaha sampingan berikut akan sangat membantu.

Artikel ini akan memberikan Anda inspirasi 9 peluang usaha sampingan yang mampu memberikan cuan signifikan. Simak sampai akhir.

Usaha Makanan Ringan

Usaha ini punya entry barrier yang kecil. Selain tidak butuh modal besar untuk memulai, Anda juga bisa memasarkannya ke rekan-rekan kerja di kantor atau pabrik.

Jika kesulitan menyiapkannya, Anda bisa mengambil dari supplier. Tawarkan ke rekan kerja atau titipkan di kantin perusahaan, atau toko/warung dekat pabrik.

Profit agen makanan ringan biasanya sekitar 5-15%. Jadi, selain fleksibilitas dalam menjalankan, cuannya juga lumayan. Sangat cocok sebagai usaha sampingan karyawan modal kecil.

Catering Sehat

Usaha satu ini cocok untuk karyawan kantoran yang karena terlalu sibuk, jadi sering makan fast food

Mulai dari menawarkan sambal, lauk rumahan, hingga paket sekaligus dengan nasi ke rekan kantor. Pakai sistem pre-order untuk pemesanan besok agar pasti laku. Bila perlu, Anda bisa minta pembayaran di depan.

Jika tidak sempat masak sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan ART, warung dekat rumah, atau supplier khusus catering sehat. Kalau produksi sendiri, profit bisa 40-50%, sedangkan jika suplai dari orang lain, Anda bisa ambil profit 10-15%.

Franchise Makanan Ringan atau Minuman Kekinian

Franchise bisa jadi pilihan terbaik untuk usaha sampingan yang menjanjikan bagi karyawan sibuk. Anda tak perlu terlibat operasional, hanya kontrol setelah pulang kerja atau di akhir pekan.

Franchise memiliki sistem yang bisa langsung jalan sehingga Anda tak perlu trial and error

Untuk pemula, bisa ambil yang modal kecil seperti makanan ringan atau minuman kekinian. Selain modalnya ringan, biasanya bisa break even point dalam kurang dari 6 bulan. Sisanya tinggal ambil cuan.

Dropshipper atau Reseller

Kedua macam usaha ini bisa Anda mulakan secara sambilan. Jika mau tanpa modal, dropship pilihannya. Kalau mau cuan lebih besar tapi pakai modal, reseller alternatifnya.

Terlebih dahulu, tentu saja Anda perlu menemukan supplier yang dapat memberikan harga miring. Setelah dapat, tinggal mencari pelanggan, mulai dari lingkungan keluarga, teman, lewat media sosial, atau iklan bila perlu.

Freelance

Jika Anda punya keahlian khusus dan masih punya semangat untuk kerja, bisa dengan mengambil job freelance.

Banyak pekerjaan freelance yang bisa Anda lakukan sebagai usaha sampingan karyawan di luar jam kerja. Contohnya memberikan jasa penerjemahan, pembuatan konten, website, programming, atau desain grafis.

Tergantung jenis pekerjaan dan klien, Anda bisa meraup jutaan atau puluhan juta dari satu proyek saja.

Menjual Produk Digital

Produk digital bisa bermacam-macam. Gambar, video, tulisan, foto, desain, kursus online, e-book, semua bisa Anda jual secara online.

Tinggal mencari platform yang tepat. Misalnya, kalau mau jual foto atau video footage, bisa ke Dreamstime atau iStock. Jual desain grafis? Bisa jadi Freepik atau Canva contributor. Kursus online? Jual lewat Ruang Guru, Udemy, dan seterusnya.

Satu produk digital biasanya bisa Anda jual berkali-kali. Jadi, profit Anda bisa berlipat-lipat.

Content Creator

Punya ide dan mental kreatif? Usaha sampingan lain yang bisa dilakukan di waktu luang Anda sebagai karyawan adalah jadi content creator untuk media sosial. Di antaranya adalah YouTube, TikTok, Facebook, atau Instagram.

Niche yang laku di Indonesia biasanya berupa:

  1. komedi, 
  2. beauty vlog,
  3. daily vlog,
  4. podcast, 
  5. tutorial, 
  6. tayangan anak-anak, 
  7. horor, 
  8. story telling
  9. info unik, 
  10. info sains & tekno, dan lain-lain.

Tinggal pilih yang sesuai keahlian, minat, atau menurut Anda akan mudah membuatnya.

Besarkan akun atau channel Anda. Jika sudah ramai, ada banyak cara untuk monetisasinya biar jadi cuan.

Jadi Mitra MUFDana

Karyawan sering kali berada dalam kondisi membutuhkan uang mendesak. Sebagai mitra MUFDana, Anda bisa memberikan solusi dengan membantu mendapatkan pinjaman multiguna dari MUFDana.

Selain dapat membantu rekan kerja, Anda juga bisa mendapatkan komisi, insentif, reward, hingga bonus yang menggiurkan seperti jalan-jalan ke luar negeri.

Agen Properti Online

Menjadi agen properti online bisa Anda kerjakan sebagai usaha sampingan. Kerjanya secara online, lewat internet.

Anda tak perlu hadir di lokasi, cukup referensikan calon pembeli ke tim. Selanjutnya, tim lapangan yang akan melakukan follow up, termasuk mendampingi calon buyer

Jika berhasil closing, komisi mulai 2,5% harga properti bisa Anda dapatkan. Jika banyak closing, Anda bahkan bisa mendapatkan bonus lainnya.

Untuk pemula, Anda bisa memilih usaha sampingan karyawan yang tanpa modal dan solutif, seperti jadi mitra MUFDana. Pendaftaran gratis, tanpa target bulanan, serta komisi yang memuaskan. Tertarik? Segera daftar melalui tautan di atas.