Wujudkan Semua Mimpi

10 Ide Usaha Sampingan di Rumah dengan Hasil Besar

Usaha Sampingan di Rumah

Usaha sampingan di rumah bukan berarti hanya memberikan penghasilan yang pas-pasan. Beberapa jenis usaha sampingan justru bisa memberikan pendapatan yang lebih besar dari sumber penghasilan utama.

Artikel ini akan memberikan Anda info tentang 10 ide usaha sampingan di rumah dengan hasil besar, hingga jutaan rupiah.

Simak selengkapnya sampai akhir.

Agen Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan contoh usaha sampingan di rumah untuk karyawan, pelajar, atau ibu rumah tangga sekalipun.

Banyak orang yang mencari frozen food sebagai camilan. Jadi, soal pasar, tak perlu khawatir tak laku.

Selain itu, makanan beku seperti sosis, bakso, nugget, dan lain-lain ini bisa tahan hingga hitungan bulan di freezer. Jadi, tak perlu takut rugi.

Besar profit sebagai agen frozen food antara 10-20%. Potensi penjualannya bisa 50-100 pak per hari. Jadi, mendapatkan profit jutaan bukanlah hal sulit.

Pop Ice dan Jajanan Murah

Lapak Pop Ice dan jajanan murah bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan, terutama jika rumah Anda banyak dilewati orang. Contoh: di dekat sekolah, lapangan bermain, atau jalan ramai.

Jualan Pop Ice memiliki profit antara 50-60% per cup. Belum lagi dari jajanan murah seperti sosis dan nugget goreng, atau bakso bakar yang bisa 30-40%.

Kalau lokasi rumah ramai, jadi sangat mudah untuk dapat penghasilan jutaan dari usaha sampingan ini.

Katering Pre-Order

Jika Anda memiliki keahlian memasak, maka membuka jasa katering pre-order menjadi pilihan usaha sampingan rumahan yang cocok.

Usaha ini tak butuh lapak serta tak harus setiap hari ada. Jika pesanan sedang membludak, Anda bisa merekrut saudara atau tetangga sekitar untuk mengerjakannya.

Yang lebih penting, hanya butuh 1-2 kali order, Anda sudah bisa dapat omzet jutaan.

Les Bersama atau Privat

Jika Anda memiliki pengalaman mengajar, maka memberikan les di waktu sore bisa memberikan tambahan penghasilan yang menggiurkan.

Umumnya, biaya les paling murah setiap anak mulai dari Rp100-200 ribu. Jika Anda melayani 10-15 anak, 3x seminggu, tentu sudah dapat penghasilan jutaan.

Bahkan, kalau Anda punya skill khusus seperti musik, bahasa asing, dan lainnya, Anda bisa buka kelas privat. Tentu harganya lebih mahal dan penghasilan Anda jadi lebih besar.

Dropshipper atau Reseller

Keduanya berarti Anda menjualkan produk orang lain. Bedanya, dropship tak perlu mengeluarkan modal dan hanya buka pesanan, sedangkan reseller, Anda perlu modal untuk beli di awal, tapi profitnya lebih besar.

Yang mana pun, ini bisa Anda lakukan secara sampingan di rumah. Dengan modal media sosial dan aplikasi perpesanan, Anda bisa menawarkan produk ke saudara, teman, tetangga, atau teman media sosial. 

Keuntungan dropship atau reseller tergantung seberapa harga produk dan jumlah penjualan Anda. Tapi sudah banyak yang membuktikan hasil jutaan, bahkan puluhan juta sangat bisa untuk Anda dapatkan.

Jasa Penulisan Konten dan Copywriting

Jika Anda punya keahlian menulis, maka membuka jasa content writing dan copywriting bisa jadi pilihan usaha sampingan yang tepat.

Anda bisa mengerjakannya setelah selesai pekerjaan atau di waktu luang. Namun, pastikan tetap sesuai dengan deadline dari klien.

Usaha ini tak butuh modal besar, selain laptop dan jaringan internet yang bisa Anda gunakan terus-terusan. Karena itu, mendapatkan penghasilan bersih jutaan rupiah per bulan dari jasa ini sangat memungkinkan.

Pembuat Konten Media Sosial

Usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah lainnya adalah menjadi content creator untuk media sosial seperti Tiktok, Youtube, Instagram, dan lainnya.

Anda bisa menawarkannya sebagai pengisi konten bagi klien atau sebagai social media management. Biaya jasanya bisa per konten, paket, atau per bulan.

Di ceruk usaha ini, Anda tak harus bermodal besar, yang penting punya kreativitas. Jika sulit dapat klien, Anda juga bisa membuat channel sendiri dan melakukan monetisasi jika sudah ramai.

Budidaya Hewan atau Tanaman

Untuk Anda yang punya “tangan dingin”, budidaya hewan atau tanaman bisa jadi peluang usaha sampingan di rumah. Tanaman hias dan ikan hias merupakan salah satu yang banyak orang cari.

Namanya juga sampingan, Anda bisa menganggapnya sebagai hobi. Tawarkan ke lingkungan teman, tetangga, atau media sosial. Jika tertarik, mereka dapat mengambil ke rumah Anda.

Harga tergantung jenis ikan dan tanamannya, tapi bisa juga dipengaruhi musim. Jika sedang tinggi, Anda bahkan bisa mendapatkan jutaan hanya dari menjual beberapa saja.

Agen Properti Online

Saat ini sudah banyak marketer properti yang beroperasi secara online. Anda tinggal merujukkan calon pembeli, tim properti tersebut yang akan melakukan follow up.

Ini bisa Anda lakukan sambil mengisi waktu luang. Sebagai sampingan, tentu tak perlu ngoyo. Tapi jika berhasil closing, Anda bisa mendapatkan komisi mulai dari 2-2,5% harga properti. Jadi, sekali closing dapat penghasilan jutaan. Asyik kan?

Mitra MUFDana

Jadi Mitra MUFDana bisa dapat komisi langsung, insentif, reward, hingga bonus jalan-jalan. Tanpa modal dan tanpa target tertentu, ini sangat cocok sebagai usaha sampingan di rumah untuk ibu rumah tangga hingga mahasiswa.

Anda hanya perlu membantu orang yang sedang butuh uang dan punya kendaraan untuk mendapatkan pinjaman multiguna dari MUFDana. Jika berhasil, beragam benefit menanti Anda.

Agar terasa mudah, Anda dapat memulai usaha sampingan di rumah ini dari yang tanpa modal, seperti jadi mitra MUFDana. Segera bergabung untuk mendapatkan manfaatnya.